Prodi TEP FKIP UNSA Laksanakan Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Bagi Guru SLB

Date:

IbM unsaSumbawa Besar, Kabar Sumbawa-Program Studi Teknologi Pendidikan (TEP) Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan (FKIP) Universitas Samawa (UNSA) melaksanakan Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Multimedia untuk Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) yang ada di Kabupaten Sumbawa. Pelatihan tersebut dilaksanakan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNSA pada hari Rabu, 10 Agustus 2016.

Ketua Program Studi Teknologi Pendidikan, Erma Suryani,M.Pd menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan bentuk pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi melalui pelaksanaan penelitian Iptek Bagi Masyarakat (IbM) yang dananya berasal dari hibah Dikti yang dimenangkan oleh dosen teknologi pendidikan, yang diketuai oleh Desak Nyoman Darmayanti, M.Kom, anggota Drs. I Gusti Sulindra, M.Pd, Drs. I Made Sentaya, M.Pd.

Dijelaskan, kegiatan IbM Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Multimedia  di Sekolah Luar Biasa Negeri Kabupaten Sumbawa di ikuti oleh 16 peserta yang terdiri dari kepala sekolah dan guru SLB N Sumbawa dan SLBN Alas. Pelatihan ini merupakan pelatihan awal  yang dilakukan oleh tim penelitian IbM hibah Dikti. Adapun materi yang diberikan adalah mengenai pemilihan media pembelajaran, yang disesuaikan dengan karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) agar pembelajaran menjadi lebih efektif, efisien dan memiliki daya tarik. Pelatihan tahap kedua,ketiga dan keempat akan dilaksanakan di Bulan September.

Dikatakan Erma, pemateri pada pelatihan kali ini didatangkan oleh tim peneliti IbM dari Sekolah Luar Biasa Pembina Provinsi NTB yakni Abbas, M.Pd. Beliau adalah kepala sekolah yang memiliki kompeten pada bidangnya. Sedangkan untuk pelatihan pembuatan media pembelajaran akan dilaksakan langsung oleh tim pemenang dana hibah yang akan dipimpin oleh Desak Nyoman Darmayanti, M.Kom. Sedangkan output yang dihasilkan dari kegiatan pelatihan ini adalah guru yang diharapkan dapat menghasilkan produk media pembelajaran.

Sementara itu ditempat yang sama kepala SLBN Sumbawa, Atika HA,S.Pd yang ikut dalam kegiatan pelatihan tersebut menyampaikan rasa terimakasih yang luar biasa kepada FKIP UNSA, khususnya program studi teknologi pendidikan karena telah memberikan pelatihan pembuatan media pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus. Kedepan dirinya berharap kegiatan serupa akan terus dilaksanakan oleh program studi teknologi pendidikan mengingat tenaga kependidikan di SLBN Kabupaten Sumbawa ini masih kurang.(KS/001)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

FKH UNDIKMA Latih Petugas Kesehatan Hewan Pulau Sumbawa Cara Pengendalian dan Penanggulangan Wabah Penyakit

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Fakultas Kedokteran Hewan (FHK) Universitas...

EDUTECHNOPRENEURSHIP : Profil Lulusan Program Studi Sarjana (S1) Teknologi Pendidikan

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa - Edutechnopreneurship, merupakan rumusan profil lulusan...

MAHASISWA FKES UNSA LAKUKAN PENYULUHAN TINGKATKAN KESEHATAN REMAJA

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Kesehatan reproduksi diartikan sebagai suatu...

FKES UNSA Peduli Stunting (Penting) Gelar Penyuluhan

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Sebagai bentuk kepedulian civitas akademika...