oleh

Bupati Sumbawa Lepas 48 Peserta Jambore Nasional

Sumbawa Besar, Kabar Sumbawa-Bupati Sumbawa, H.M Husni Djibril, B.Sc melepas 48 peserta Jambore Nasional (Jamnas) asal Kabupaten Sumbawa. Acara pelepasan digelar di aula lantai 3 Kantor Bupati Sumbawa, Rabu (10/8/2016).

Dalam laporannya, H. Farhan Bulkiah menyampaikan, sebagai persiapan mengikuti Jamnas telah dilaksanakan Jambore Cabang (Jamcab) di Kecamatan Lunyuk dan Jambore Daerah (Jamda) di Desa Karang Bayan, Lombok Barat. Sebelum mengikuti Jamnas yang akan di laksanakan di Cibubur tersebut, para anggota Pramuka telah telah mengkuti seleksi. Dari 1.135 orang, yang terpilih hanya 48 orang peserta. Dari jumlah tersebut, dibagi menjadi 3 regu putra dan 3 regu putri. Peserta Jamnas asal Sumbawa akan berangkat menuju Lombok tanggal 11 Agustus 2016 dan pada tanggal 12 agustus akan bertolak ke Jakarta. Kegiatan Jamnas berlangsung mulai tanggal 12 hingga 21 Agustus 2016.

iklan kampanye

Dikatakan, kegiatan Pramuka dinilai penting dan strategis karena dapat mendidik anak–anak bangsa untuk menjadi pemimpin bagi dirinya sendiri dan pemimpin bagi masyarakat negara dan bangsanya serta dalam menghadapi perkembangan dunia yang semakin marak dengan persoalan penyalahgunaan narkotika, minuman keras, kekerasan, pelecehan seksual, sampai kepada pembunuhan dan terorisme. “Data dari BNN yang kami terima, korban narkotika rata – rata 45 orang per hari,” ujarnya.

Baca juga:  Genap 204 Tahun, Wabup Sumbawa Harap Kabupaten Dompu Makin Maju

Menurutnya, sistem pendidikan dan pembinaan dalam gerakan pramuka dikenal dengan nama sistem pembinaan terpisah, yakni sistem pembinaan yang secara teknis berdiri sendiri antara pembinaan pramuka putra dan pembinaan pramuka putri. Pembinaan pramuka putra hanya boleh dilakukan oleh pembina putra, dan pembinaan pramuka putri hanya dilakukan oleh pembina putri. Ini tentu sangat sesuai dengan garis – garis yang telah tercantum dalam sistem pendidikan Islam. “Dengan sistem ini dapat mengajarkan bagaimana seorang pramuka dapat saling menghargai, saling menghormati, dan saling menjaga martabat dan kehormatan,” kata Farhan.

Bupati Sumbawa H.M Husni Djibril, B.Sc dalam sambutannya menyampaikan Jambore Nasional (Jamnas) merupakan pertemuan pramuka penggalang se-Indonesia dalam bentuk perkemahan besar yang diselenggarakan oleh kwartir nasional (kwarnas) sebagai sarana pembinaan pramuka penggalang yang menitikberatkan pada pengembangan diri peserta yang terdiri atas bidang mental, fisik, intelektual, spiritual dan sosial baik sebagai individu maupun sebagai anggota masyarakat demi kerukunan dan perdamaian. Disamping itu kegiatan jambore nasional juga diharapkan dapat menumbuhkan semangat dan rasa kebangsaan kepada generasi muda untuk memperkokoh keutuhan dan sekaligus membangun negara kesatuan Republik Indonesia.

Baca juga:  Wabup : PAUD Siapkan Kemampuan Dasar Anak

“Oleh karena itu, adik-adik pramuka harus terus menerus memupuk jiwa patriotisme, nasionalisme, dan semangat membangun untuk kejayaan bangsa dan negara. Kalian adalah pemegang tongkat estafet kepemimpinan bangsa dimasa yang akan datang. Jambore nasional yang diselenggarakan lima tahun sekali, tentunya sangat ditunggu-tunggu oleh adik-adik sebagai anggota pramuka penggalang. Melalui seleksi ketat dari masing-masing gugus depan hingga ke tingkat kwartir cabang, kalian telah terpilih dan kini hadir di sini sebagai peserta jambore nasional dari kabupaten sumbawa, saya ucapkan selamat dan penghargaan. Oleh karena itu, jadikan momen tersebut sebagai sarana belajar, berkarya dan memperkokoh persaudaraan dan persatuan diantara kalian sebagai sesama anak bangsa,” tutur Bupati.

Selain itu, Bupati juga berharap, sekembalinya dari kegiatan jambore nanti, para peserta dapat menyampaikan pengalaman tersebut kepada teman-teman lainnya yang belum mendapat kesempatan mengikuti jambore nasional tahun ini. “Saya berharap, kegiatan jambore nasional ini dapat dihayati dan dijadikan tonggak baru dalam rangka peningkatan mutu pramuka penggalang melalui kegiatan-kegiatan yang lebih menarik, lebih bermanfaat dan lebih menantang,” tandas Haji Husni.(KS/001)