oleh

Udang Dan Rumput Laut Jadi Prioritas Pengembangan Bidang Perikanan

Ir H Junaidi MSi
Ir H Junaidi MSi
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sumbawa

Sumbawa Besar, Kabar  Kabar Sumbawa—Udang dan rumput laut menjadi prioritas utama pengembangan sektor kelautan dan perikanan di Kabupaten Sumbawa. Kendati banyak jenis komoditas perikanan lainnya seperti, teripang, ubur-ubur, kerang-kerangan dan bandeng, namun udang dan rumput laut masih menjadi prioritas untuk dikembangkan.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sumbawa, Ir Junaidi, MSi kepada Kabar Sumbawa, Jum’at (5/8/2016).

iklan kampanye

Dikatakan, udang dan rumput laut menjadi komoditas ekspor primadona saat ini. Dilihat dari potensinya sekarang ini lebih mengarah pada pengembangan rumput laut dan udang, sedangkan ikan kerapu dan mutiara sudah ditangani langsung oleh pengusaha.

Baca juga:  Bupati Lantik Pimpinan BAZNAS KSB

Selain itu, kata Kadislutkan, Kabupaten Sumbawa memiliki potensi tambak udang dan rumput laut paling besar di NTB, bahkan secara nasional Kabupaten Sumbawa masuk dalam 10 besar penghasil udang dan rumput laut. Karena kondisi itu sehingga dua komoditas tersebut yang lebih dominan untuk dikembangkan. “Dari segi potensi 60 persen lahan budidaya rumput laut sudah digarap, semnetara untuk pengembangan budidaya udang baru mencapai 23 persen, untuk mengoptimalkan potensi tersebut ditempuh melalui pola kemitraan dengan para pengusaha,” ujar Junaidi.

Ditambahkan, pengembangan budidaya udang dan rumput laut sangat berpotensi untuk didorong, karena melibatkan masyarakat secara massal. Selain itu dari sisi tekhnologi khusus budidaya udang dan rumput laut para petani sudah mempunyai kemampuan. Sedangkan untuk budidaya udang, pengusaha bisa bermitra dengan para petambak. “Untuk lebih memudahkan pengiriman diupayakan melalui Labuhan Badas melalui kemitraan dengan para pengusaha di Surabaya,”tandasnya. (KS/001)

Baca juga:  Kunker Anggota DPD RI, Beberapa Persoalan Masyarakat Menjadi Sorotan