oleh

Sumbawa Dinilai Punya Komitmen Tinggi Pada Pemberdayaan KAT

Sosialisasi KATSumbawa Besar, Kabar Sumbawa—Pemerintah Pusat melalui Kementerian Sosial memberikan apresiasi yang tinggi terhadap daerah-daerah yang memiliki konstribusi besar terhadap Program Pemberdayaan Komunitas Adat Terpencil (PKAT), salah satunya Kabupaten Sumbawa. Dipilihnya Kabupaten Sumbawa karena dinilai dukungan Pemda Sumbawa cukup besar dalam hal Pemberdayaan Komunitas Adat Terpencil. “Kami mengapresiasi beberapa daerah yang berkontribusi besar terhadap program KAT. Karena di beberapa daerah kegiatannya hanya mengandalkan sektor sosial saja. Karenanya kami mendorong agar daerah-daerah yang komitmennya tinggi dalam pemberdayaan KAT akan kita support,” ujar Kasubdit Rujukan Terminasi dan Evaluasi Kemensos RI, Dr. Laode Taufiq.

Dikatakan, Program Pemberdayaan Komunitas Adat Terpencil yang dilaksanakan di kabupaten, semula kegiatan ini dilaksnakan di provinsi, karena sifatnya kegiatan non fisik. Namun sekarang ini program ini dialihkan kegiatannya di kabupaten. Sehingga Rapat Koordinasi yang dilaksanakan ini bertujuan untuk menggalang sinergi dan keterpaduan lintas sektor. “Ini salah satu bentuk tanggungjawab bersama, karena pemberdayaan KAT itu tidak hanya dalam sektor social saja, tetapi juga sektor yang lainnya seperti pendidikan, kesehatan, perhubungan, pemukiman dan lannya,” kata Laode.

iklan kampanye

Pihaknya juga akan mengevaluasi terhadap lokasi-lokasi yang sudah diberdayakan, tentang sejauh mana hasilnya, bagaimana konstribusi lintas sektor. Kalau hanya bertumpu pada sektor sosial saja, tentu hasilnya tidak maksimal. “Kalau sektor sosial lebih fokus pada jaminan terhadap kebutuhan dasar, seperti sandang, panga dan, papan, itu pun terfokus pada kebutuhan tertentu yang sifatnya stimulant,” tambahnya.

Baca juga:  Pengawas Pemilihan Lapangan Se-Kecamatan Labuan Badas Resmi Dilantik

Sementara itu Kadis Sosial Kabupaten Sumbawa, Dr. Ikhsan Safitri menjelaskan, rapat yang dilaksanakan ini bertujuan untuk mensinergikan tentang kegiatan yang akan dilakukan di lokasi KAT, KAT di Kabupaten Sumbawa sudah ada sejak Tahun 204 lalu. Dilihat dari perkembangannya masyarakat yang ada di pelosok semakin terberdayakan, Anggaran peruntukan program ini juga sudah masuk ke Disos Sumbawa, sebelumnya anggarannya melalui Kantor Catatan Sipil.

Lokasi KAT yang sedang dilaksanakan kata IKhsan, ada di Tepal Kecamatan Batulanteh, Desa Lebin Kecamatan Ropang, Dusun Stema Desa Labuhan Aji Kecamatan Labuhan Badas, Gili Tapan Kecamatan Maronge. ”Penjajakan sudah dilaksanakan 25 juli lalu, untuk calon KAT 2017 yakni Dusun ladan dan Kuang Sampar Rangi Desa Batu Rotok serta Dusun Batu Tala Desa Baodesa,” jelas Kadis Sosial. (KS/001)

Baca juga:  Songsong FDBI Tingkat Nasional 2017, Komisi Informasi NTB Kunjungi Sumbawa