oleh

Puskesmas Empang Satu-Satunya Puskesmas Yang Terakreditasi

Drs. Didi Darsani, APT. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa
Drs. Didi Darsani, APT.
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa

Sumbawa Besar, Kabar Sumbawa—Kabupaten Sumbawa memiliki 24 Pukesmas yang tersebar di berbagai kecamatan, dari jumlah tersebut UPT Puskesmas Empang merupakan satu-satunya puskemas yang telah terkareditasi. Bahkan dapat dikatakan Puskesmas Empang merupakan puskesmas terbaik di NTB bersama satu puskesmas yang berada di Kabupaten Lombok Barat. Dimana Puskesmas telah lolos akreditasi yang dilaksanakan oleh tim assessor dari Kementrian Kesehatan RI. “Tahun 2016 ini, Puskesmas Empang telah terakreditasi,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa, Drs. Didi Darsani, APT.

Diakui, untuk meraih status akreditasi, merupakan sebuah proses yang sangat sulit, karena puskesmas bersangkutan harus menerapkan standar pelayanan minimal disemua lini. Baik terkait tata kelola, fasilitas, komitmen, hingga pemberdayaan masyarakat Dan yang paling utama adalah standar pelayanan. “Memang tidak mudah untuk mendapat status akreditasi, karena semuanya harus sesuai standar yang telah diatur dalam Permenkes,” kata Didi.

Baca juga:  Belum Ada Fasilitas Penanganan HIV/AIDS di RSUD Sumbawa

Dikatakan, meski baru satu puskesmas di Kabupaten Sumbawa yang telah terakreditasi, Didi memastikan sejumlah puskesmas lainnya juga tidak kalah bersaing. Khususnya dalam pelayanan kepada masyarakat. Terutama tujuh Puskesmas lainnya yang tahun ini juga diusulkan untuk dinilai tim asesor akreditasi. Yakni empat puskesmas di dalam kota Sumbawa, Puskemas Alas, Utan dan Plampang. Hanya saja, tim asesor tidak bisa melakukan penilaian karena padatnya jadwal di daerah lain. (KS/001)

iklan bkbpp

News Feed