oleh

Pemeriksaan Kesehatan CJH Dikenakan Biaya Tambahan

Sumbawa Besar,Kabar Sumbawa-Dalam waktu dekat ratusan Calon Jamaah Haji (CJH) asal Kabupaten Sumbawa akan bertolak menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci Mekah. Sebelum bertolak ke tanah suci mekkah, para jamaah harus melalui berbagai tahapan termasuk melakukan pemeriksaan kesehatan. Terkait tahapan atau proses tersebut, Kepala Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Sumbawa, Drs Didi Darsani Apt yang dikonfirmasi Terkait hal tersebut menjelaskan. Proses pemeriksaan yang dilakukan di Puskesmas Unit II Sumbawa (Puskesmas Brang Biji) tersebut. telah mengerahkan sejumlah tenaga kesehatan independent. Dalam proses pemeriksaan tersebut juga dikenakan biaya tambahan untuk proses vaksin Influensa sebesar Rp.250 ribu. Sayangnya ada oknum petugas yang teledor untuk memberikan bukti kwitansi pembayarannya, sehingga menimbulkan complain dari CJH.

Baca juga:  Satu Warga NTB Positif Corona

Dikatakan, masing-masing CJH diberikan pemeriksaan menyeluruh (general), termasuk soal ketahanan fisik. Dimana Dalam pemeriksaan kesehatan CJH, Kantor Kementerian Agama Sumbawa telah bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Sumbawa. Adapun yang sudah dilakukan pemeriksaan kepada para CJH yakni memberikan vaksin meningitis secara gratis,sementara vaksin influenza ditarik biaya Rp 250 ribu per orang. Dan biaya tersebut sesuai dengan SK Bupati Sumbawa.

Kadikes juga mengakui banyak pihak yang mempertanyakan terkaitĀ  pembayaran vaksin tersebut, namun hal itu telah diklarifikasi dan dijelaskan kepada pihak bersangkutan. Meski demikian dirinya tetap menginstruksikan kepada petugas kesehatan yang ada dilapangan agar setiap pembayaran harus disertai dengan bukti kwitansi.(KS/001/002)

Komentar