oleh

Tarunawan S.Sos: Pilkades Sumbawa Masih Dalam Tahapan Seleksi Lanjutan

BBGRM-TarunawanSumbawa Besar, Kabar Sumbawa—Proses tahapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kabupaten Sumbawa saat ini sedang berjalan,  informasi terbaru tim seleksi sedang melakukan seleksi lanjutan pada empat desa, dimana keempat desa tersebut bakal calonya lebih dari lima orang.

Menanggapi hal itu Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPM-PD) Kabupaten Sumbawa Tarunawan S.sos, dikonfirmasi seputar tahapan pelaksanaan Pilkades Sumbawa tahun 2016 mengatakan, proses Pilkades sedang berjalan diman tim seleksi sedang melakukan evaluasi terkait bakal calon yang jumlahnya lebih dari 5 orang. Adapun desa tersebut yakni, Desa Lenangguar 11 bakal calon, Desa Pukat Utan 8 bakal calon, Desa Mokong Moyo Hulu 7 bakal calon dan Desa labuan Jamu 7 orang bakal calon. Tim yang melakukan seleksi tersebut terdiri dari dua tim yakni tim ahli dan tim independen dalam hal ini perguruan tinggi UTS yang mempunyai alat tes psikologi.

iklan kampanye

Dijelaskannya, dalam proses seleksi maupun tes psikologis tersebut pemerintah daerah dalam hal ini BPMPD tidak boleh masuk untuk mencampuri kinerja Tim seleksi. Hal itu penting karena akan menghasilkan apa yang diharapkan, yang selanjutnya hasil tersebut akan diserahkan kepada panitia desa untuk kemudian hasil tersebut diumumkan termasuk lima calon terbaik yang akan maju di masing – masing desa.

Ditambahkan, adapun tahapan lainnya selesai pengumuman hasil tes yakni, pengambilan nomor urut, visi dan misi, kampanye dan yang terakhir proses pemilihan yang akan berlangsung pada tanggal 13 agustus mendatang. BPMPD dalam hal ini hanya sebatas fasilitator seandainya terdapat kesulitan pada panitia desa seperti membantu memfasilitasi panitia desa dengan aparat kepolisian dalam hal keamanan, hal itu penting karna pilkades serentak ini akan diikuti sebanyak 20 desa se kabupaten sumbawa. dalam hal ini ia berharap agar momentum pilkades ini semua pihak menyambut baik dengan riang gembira bukan sebaliknya disambut dengan sebuah sengketa dan siapapun yang menang itulah hasil terbaik yang dipilih oleh masyarakat.” Tandasnya. (KS/002)

Baca juga:  Kodim 1607 Sumbawa Mengajak Semua Pihak Menjaga Kondusifitas Sumbawa