oleh

KPU Sumbawa Laksanakan Berbagai Agenda Kegiatan

KPUSumbawa Besar, Kabar Sumbawa—Pasca digelarnya perhelatan akbar Pilkada Bupati Sumbawa beberapa bulan lalu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumbawa tetap melaksanakan berbagai agenda kegiatan. Beberapa agenda yang dilaksanakan tersebut yakni, pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan, sosialisasi dan pendidikan pemilih, pelaksanaan PAW (Proses PAW anggota DPRD Sumbawa) serta peningkatan kapasitas penyelenggara Pemilu.

Ketua KPU Sumbawa, Syukri Rahmad, SAg dalam konferensi pers di Kantor KPU Sumbawa, Selasa (26/7/2016) mengatakan, dalam hal pemutakhiran data pemilih guna mempermudah proses pemutakhiran data pemilih pada Pemilu dan Pilkada selanjutnya KPU memperbaharui data pemilih dengan membentuk komitmen untuk melahirkan data pemilih yang valid dan berkualitas yang telah dilaksanakan pada semester pertama dan semester ke II Tahun 2016. Guna memperbaharui data pemilih tersebut telah dilakukan berbagai kegiatan seperti melakukan input data DPTb-2 (pemilih yang menggunakan KTP) secara manual dan aplikasi Sidalih, melakukan pendataan dan mencoret pemilih yang tidak memenuhi syarat, berkoordinasi dengan Dinas Dukcapil untuk memperoleh data mutasi lependudukan baik mutasi masuk maupun mutasi keluar serta menerima berbagai masukan dari masyarakat atas perubahan data pemilih dengan menggunakan formulir yang telah disiapkan.

iklan kampanye

Dikatakan, selain menggunakan formulir, masukan masyarakat dapat disampaikan melalui SMS Center, Facebook, Whatsapp (WA) dan Email, minimal data yang disampaikan memuat tentang NIK, nama pemilih dan lamat serta sumber pemberi informasi. “untuk SMS Center melalui 0877 6659 9343, Facebook di KPU Sumbawa, whatsapp di 087 863 670 731, sedangkan Email di [email protected],” jelasnya.

Baca juga:  Masyarakat Alas Usulkan Jalan Alternatif Desa Gontar-Gontar Baru

Untuk kegiatan sosialisasi, kata Syukri ke depan pihaknya akan melakukan berbagai kegiatan sosialisasi dan pendidikan pemilih kepada masyarakat pesisir, pegunungan, dan daerah terpencil seperti di Pulau Bungin, Desa Labuhan Aji Kecamatan Labuhan Badas, Desa Batudulang Kecamatan Batulanteh dan di Desa Tolo Oi Kecamatan Tarano. KPU Sumbawa juga melaksanakan Focus Discussion Group (FGD) kepada kader Penyelenggara AdHock (mantan PPK, PPS, KPPS dan PDP) direncanakan pada Minggu ke 4 Bulan Agustus 2016, termasuk mengadakan diskusi kepemiluan dan seminar. Untuk mendukung dan menetapkan sasaran dan strategi sosialisasi, KPU Kabupaten Sumbawa sedang menginventarisir pemilih-pemilih yang tidak menggunakan hak politiknya/tidak mengunakan hak pilihnya pada pilkada Sumbawa 2015 dan telah membentuk Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) sebagai komitmen informasi publik.

Baca juga:  Bupati Ajak Kades, Jaga Kondusifitas Daerah

Ditambahkan, berbagai kegiatan juga dilaksanakan demi peningkatan kapasitas penyelenggara Pemilu. Untuk tujuan tersebut, telah dan akan dilaksanakan beberapa kegiatan, diantaranya mengkuti diklat atau Bintek yang diselenggarakan oleh KPU RI maupun KPU Provinsi, melaksanakan studi komparasi serta melaksanakan rapat pleno minimal satu kali dalam seminggu untuk menetapkan program kegiatan yang akan dilaksnakan, mendiskusikan, membahas dan mengevaluasi kegiatan yang telah dilaksanakan, dengan harapan menghasilkan penyelenggara Pemilu yang kavabel, professional, dan memahami tupoksi masing-masing baik komisioner maupun sekretariat. “Hal ini kami lakukan untuk menjadikan lembaga KPU khususnya KPU Kabupaten Sumbawa semakin terpercaya sebagai penyelenggara Pemilu dan Pilkada Kabupaten Sumbawa,” tandas Syukri. (KS/001)