oleh

Momentum Harganas Ke- XXIII Sebagai Gerakan Revitalisasi Kekuatan Dan Ketahanan Keluarga

Sumbawa Besar, Kabar Sumbawa-Bupati Sumbawa melalui Asisten II Drs H.Muhammading pada acara peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) Ke- XXIII di wisma daerah Senin (25/6/16) mengatakan, peringatan hari keluarga merupakan momentum penting sebagai pengingat, dimana keluarga merupakan salah satu kunci masa depan. Dilatarbelakangi hal itu maka upaya untuk mewujudkan keluarga sejahtera harus dibarengi dengan adanya sebuah perencanaan dini. Mengingat perjalanan panjang keluarga akan menjadi mata rantai kehidupan dari sebuah generasi ke generasi berikutnya, termasuk kwalitas generasi sekarang akan menjadi penentu kwalitas generasi mendatang.

Lanjut Muhammading, dengan perkembangan program KB yang kian hari kian pesat sehingga mengubah program KB menjadi sebuah gerakan masyarakat yang membumi hingga strata bawah dan program tersebut juga sebagai upaya gerakan revitalisasi kekuatan dan ketahanan keluarga.

Baca juga:  Sumbawa raih Prestasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Sangat Tinggi Bintang Dua

Pada kesempatan tersebut Bupati mengajak semua elemen untuk menjadikan peringatan Harganas sebagai wahana untuk mengembalikan kemandirian nilai-nilai luhur suatu keluarga dan sekaligus momentum untuk melakukan evaluasi fungsi-fungsi keluarga secara mandiri.

Dijelaskan, dengan peringatan Harganas kali ini, mengingatkan seluruh Bangsa Indonesia khususnya di Tana Samawa, bahwa fungsi keluarga harus dilaksanakan untuk meningkatkan ketahanan keluarga menuju keluarga yang berkwalitas. Hal itu dapat terwujud apabila delapan fungsi keluarga bisa dijalankan dengan baik seperti fungsi agama, fungsi sosial budaya, fungsi cinta kasih, fungsi perlindungan, fungsi reproduksi, fungsi ekonomi dan fungsi pelestarian lingkungan. Bila delapan fungsi tersebut bisa di jalankan maka keberhasilan perjuangan membangun keluarga kecil bahagia dan sejahtera dapat tercapai sebagaimana di harapkan. Acara peringatan Harganas tersebut juga dirangkaikan dengan pemberian hadiah kepada 21 orang dan kelompok yang berhasil di bidang Keluarga Berencana. (KS/002)

Baca juga:  Hasil Panen Jagung Di KSB Tahun Ini, Tidak Mencapai Target.