oleh

Masyarakat Ropang Ingin Adanya Pengembangan Sentra Buah Di Wilayahnya

Salamuddin Maula
Salamuddin Maula
Anggota Komisi II DPRD Sumbawa

Sumbawa Besar, Kabar Sumbawa-Kecamatan Ropang merupakan wilayah yang sangat cocok untuk dijadikan sebagai pengembangan sentra buah di Kabupaten Sumbawa, dari beberapa jenis buah yang coba dikembangkan masyarakat, seperti buah Alpokat, Manggis, Durian, Kelengkeng, Rambutan dan beberapa jenis buah lainnya hasilnya sangat bagus dan iklimnya juga sesuai dengan beberapa jenis buah tersebut. dari kondisi itu masyarakat Ropang meminta agar wilayahnya bisa dijadikan sebagai pengembangan sentra buah.

Hal tersebut dikatakan anggota DPRD Sumbawa, Salamuddin Maula di ruang kerjanya, Senin (25/7/2016) usai melakukan tinjauan lapangan ke wilayah Ropang beberapa waktu lalu.

Menurutnya, wilayah Lebangkar, Ranan, dan Lawin sangat berpotensi untuk dikembangkan sentra buah, hanya dukungan dari pemerintah sangat diperlukan terutama dalam hal pengadaan bibit yang berkualitas, karena dilihat dari hasilnya sangat luar biasa. “Tinggal niat baik masyarakat ini apakah bisa ditindaklanjuti, karena kalau berbicara masalah potensi, wilayah Ropang sangat mendukung untuk dikembangkan sentra buah tersebut,” ujar Jalo sapaan akrab Salamuddin Maula.

Baca juga:  Lama tertunda, Akhirnya Kades Ledang Dilantik

Selain itu, Kata Jalo, masyarakat Ropang juga minta untuk segera dilakukan perbaikan akses jalan di wilayahnya agar roda perekenomian bisa bergeliat. Terkait aktifitas PT SJR warga juga meminta pihak perusahaan lebih kooperatif dengan masyarakat, jangan hanya melihat dari sisi keuntungan semata, tetapi mengabaikan pemberdayaan masyarakat.

Ditambahkan, kondisi listrik di wilayah itu sering terjadi pemadaman. Warga meminta untuk dibangunnya PLTMH di wilayahnya, mengingat di wilayah itu ada potensi air terjun yang bisa dikembangkan menjadi PLTMH, disamping sumber airnya yang juga memadai. “Saat ini sudah ada jaringan listrik di wilayah itu, namun sering terjadi pemadaman, terutama di Ranan, Lawin dan Lebangkar. Dengan dibangunnya PLTMH diharapkan dapat mencukupi kebutuhan warga. Untuk memastikan hal tersebut dalam waktu dekat kami akan turun lagi ke lapangan, untuk memetakan beberapa potensi yang dapat dikembangkan,” tandasnya. (KS/001)

ksbksb ksbksb