oleh

Disos Sumbawa Siap Lakakukan Pendistribusian Kartu “KIS” Ke Tiap Kecamatan

kartu KISSumbawa Besar, Kabar Sumbawa – Terkait pendistribusian KIS Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sumbawa DR Ikhsan Safitri mengatakan, Data dari Menteri Sosial Nomor 170 tahun 2015 tertanggal 9 Desember, untuk Kabupaten Sumbawa data yang wajib menerima KIS sebanyak 17268 jiwa, dan yang telah di Distribusikan sebanyak 161.000 ditambah 8479 kartu, dan proses pendistribusian kartu KIS selama ini tidak dilakukan melalui Dinas Sisial, akan tetapi langsung kepada penerimanya. Proses tersebut sangat jelas menyulitkan pihaknya dalam hal melakukan pengontrolan sejauhmana kartu tersebut telah diterima oleh masyarakat yang bersangkutan serta sudah tepatkah sasarannya.

DR Ikhsan Safitri Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sumbawa
DR Ikhsan Safitri
Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sumbawa

Dijelaskannya,dengan adanya kerjasama dengan Disos untuk tahun ini, pihaknya baru yang pertama kalinya melakukan pendistribusian langsung dengan melibatkan Tenaga kesejahteraan sosial yang ada ditingkat kecamatan, sehingga efektifitas dan penyampaian dari program ini akan lebih optimal.terkait sisa jumlah masyarakat yang belum menrima Kartu Indonesia Sehat tersebut, menurut Iksan sapaan akrabnya mencapai 5000 lebih masyarakat. dan sisa tersebut rencananya akan dimasukkan kedalam penganggaran berikutnya sesuai instruksi Bupati.

iklan kampanye

Lanjutnya, dengan peningkatan angka penerima bantuan kesehatan tersebut, mengindikasikan jumlah angka kemiskinan pertahunnya mengalami kenaikan seperti data yang dirilis oleh Kementerian Sosial untuk Kabupaten Sumbawa naik sekitar 20 persen. Meskipun jumlahnya sekian, pihak Disos akan melakukan verifikasi ulang, karna data setiap waktunya bisa saja mengalami perubahan.seperti data Inclution eror yakni dimana orang yang seharusnya tidak mendapat program ini,tapi orang tersebut ada didalamnya, sebaliknya exclution eror dimana ada orang yang seharusnya mendapat program kemiskinan, namun tidak mendapatkannya. “Kami siap melakukan verifikasi data dan melakukan pendistribusian KIS hingga ke tingkat kecamatan,” jelasnya. (KS/002)

Baca juga:  Warga Labuhan Blokir Jalan Proyek Tanggul Pengaman Pantai