by

Akper Samawa Laksanakan PKL di Kecamatan Moyo Utara

PKL Akber SamawaSumbawa Besar, Kabar Sumbawa—Mahasiswa Akademi Keperawatan (Akper Samawa) Sumbawa Besar melaksanakan kegiatan Praktek Kerja Lapangan di desa Pungkit Kecamatan Moyo Utara. Praktek yang dilaksanakan kali ini merupakan PKL angkatan ke-X Tahun 2016. Kegiatan PKL dilaksanakan selama 3 minggu dari Tanggal 12 Juli hingga 30 Juli 2016.

Direktur Akper Samawa, Dr. H Umar Hasany, S. Sos, MSi pada acara pembukaan kegiatan PKL tersebut mengatakan, bahwa kesehatan merupakan salah satu karunia Allah yang wajib disyukuri, karena tanpa kesehatan kehidupan tidak berarti apa apa. Kesehatan
juga merupakan hak asasi setiap individu yang harus dihargai dan juga merupakan investasi dalam meningkatkan produktifitas kerja guna mencapai kesejahteraan di masyarakat pada umumnya. Namun pada kenyataanya permasalahan kesehatan saat ini semakin komplek, masalah penyakit menular seperti DBD, TBC, HIV/AIDS masih belum dapat dikendalikan, penyakit tidak menular seperti Diabetes Militus, Kanker, Stroke dll cenderung meningkat, serta kematian ibu, bayi dan gizi buruk masih cukup tinggi. Penanganan masalah kesehatan tidak hanya diselesaikan dari aspek medis, namun perlu memperhatikan juga aspek masyarakat.

Baca juga:  Wapres JK : Pendidikan Harus Mendahului Zamannya

Sehingga pendekatan hulu atau pendekatan Paradigma Sehat merupakan suatu keharusan dalam rangka mengatasi masalah kesehatan tersebut. Olehkarena itu upaya pemberdayaan masyarakat dalam rangka mengatasi masalah kesehatan perlu dikembangkan. Pemberdayaan masyarakat merupakan proses untuk memfasilitasi dan mendorong masyarakat agar mampu menempatkan diri secara proporsional dan menjadi pelaku utama dalam memanfaatkan lingkungan strategisnya, untuk mencapai suatu keberlanjutan dalam jangka panjang. Sehubungan dengan masalah tersebut masyarakat tahu tentang faktor resiko masalah kesehatan serta tahu, mau dan mampu mengatasi faktor resiko tersebut sehingga tidak berakibat timbulnya masalah kesehatan.

Dalam kesempatan tersebut Direktur Akper Samawa menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada Camat Moyo Utara beserta jajarannya, Kepala Desa Pungkit, serta Kepala Puskesmas Moyo Utara karena telah menerima mahasiswa Akper Samawa untuk melaksanakan PKL di wilayah Desa Pungkit.

Pelaksana Tugas Camat Moyo Utara, Syahabuddin, Msi dalam kesempatan tersebut menyambut baik dan siap menerima mahasiswa Akper Samawa angkatan ke 10 Thn 2016/2017 untuk melaksanakan kegiata Tri Dharma Perguruan Tinggi yang Kedua, yakni Pengabdian kepada Masyarakat. Camat meminta kepada Kepala Desa Pungkit agar dapat memfasilitasi para mahasiswa yang akan melaksanakan PKL. Camat juga berpesan kepada masyarakat di tiga dusun  yakni Dusun Atas, Dusun Tengah dan Dusun Bawah agar menyambut dengan baik kehadiran mahasiswa di tengah masyarakat. (KS/YD)