Tradisi Halal-Bihalal Perlu Dilestarikan Dan Dibudayakan

Date:

Sumbawa Besar, Kabar Sumbawa—Halal-Bihalal merupakan sebuah tradisi yang terjadi di kalangan masyarakat, khususnya kaum muslimin. Dalam merayakan Hari Raya Idul Fitri, silaturahmi dan halal bihalal mengandung maksud saling maaf-memaafkan atas segala kesalahan yang pernah dilakukan oleh kedua belah pihak. Seperti antara teman sejawat, karib, kerabat terutama antara anak dan orang tua atau dari yang muda kepada yang tua.

Karenanya tradisi halal-bihalal perlu dilestarikan dan dibudayakan, karena di dalamnya mengandung hikmah yang sangat baik. Hal ini disampaikan Bupati Sumbawa, H Husni Jibril, BSc pada acara halal-bihalal yang dilaksanakan di Wisma Daerah, Selasa (12/7). Acara tersebut dihadiri Anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda), Pimpinan SKPD, tokoh masyarakat, tokoh agama serta elemen masyarakat lainnya.

Dikatakan Bupati, selama empat bulan lebih memimpin daerah ini, dirinya bersama Wakil Bupati, Drs, H. Mahmud Abdullah belum dapat memberikan sumbangan yang signifikan dalam menyelesaikan berbagai permasalahan yang masih dihadapi daerah ini, “Maka saya merasa perlu untuk menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh masyarakat Sumbawa. Namun dengan telah ditetapkannya Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM 2016-2021) menjadi peraturan daerah Kabupaten Sumbawa, maka satu langkah strategis telah dilaksanakan dalam rangka mengimplementasikan janji-janji kampanye kami untuk lima tahun kedepan. Namun tanpa dukungan segenap masyarakat Sumbawa, semua harapan dan cita-cita mulia dalam memajukan daerah ini tidak mungkin dapat kita laksanakan.

Menurutnya, satu hal yang pasti disepakati bersama bahwa semua pihak berkeinginan agar Tana Samawa menjadi daerah yang jauh lebih maju dan lebih baik lagi. Karenanya segenap masyarakat Sumbawa diharapkan dapat bersinergi bersama pemerintah Kabupaten Sumbawa di bawah kepemimpinan kami Husni-Mo untuk kita bersama-sama bahu-membahu bergotong royong membangun komitmen memajukan daerah ini sesuai dengan kapasitas dan peran masing-masing.

Dalam kesempatan tersebut Bupati juga menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada segenap elemen masyarakat Sumbawa atas dukungannya membawa daerah ini dalam kondisi tetap rukun dan kondusif. “Semoga suasana ini dapat kita pelihara dan kita tingkatkan di masa-masa mendatang,” tandas Bupati. (KS/YD)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan caleg iklan caleg

Populer

More like this
Related

Personil Polsek dan Bhayangkari KPL Tano Berbagi Takjil di Pelabuhan

Sumbawa Barat, Kabarsumbawa.com - Personil Polsek dan Bhayangkari KPL...

Sat Lantas Polres Sumbawa Bagikan Takjil pada Pengendara

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres...

Sambut Ramadan, Kapolres Sumbawa Bersama Anggota Lakukan Wisata Rohani

Sumbawa Besar-NTB, Pelaksanaan apel pagi Personel Polres Sumbawa pagi...

Sambut Ramadan, Persit Kodim 1607/Sumbawa Berbagi Pada Masyarakat, Warakawuri dan Veteran

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Persatuan Istri Tentara Angkatan Darat...