oleh

Tradisi Halal-Bihalal Perlu Dilestarikan Dan Dibudayakan

Sumbawa Besar, Kabar Sumbawa—Halal-Bihalal merupakan sebuah tradisi yang terjadi di kalangan masyarakat, khususnya kaum muslimin. Dalam merayakan Hari Raya Idul Fitri, silaturahmi dan halal bihalal mengandung maksud saling maaf-memaafkan atas segala kesalahan yang pernah dilakukan oleh kedua belah pihak. Seperti antara teman sejawat, karib, kerabat terutama antara anak dan orang tua atau dari yang muda kepada yang tua.

Karenanya tradisi halal-bihalal perlu dilestarikan dan dibudayakan, karena di dalamnya mengandung hikmah yang sangat baik. Hal ini disampaikan Bupati Sumbawa, H Husni Jibril, BSc pada acara halal-bihalal yang dilaksanakan di Wisma Daerah, Selasa (12/7). Acara tersebut dihadiri Anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda), Pimpinan SKPD, tokoh masyarakat, tokoh agama serta elemen masyarakat lainnya.

iklan kampanye

Dikatakan Bupati, selama empat bulan lebih memimpin daerah ini, dirinya bersama Wakil Bupati, Drs, H. Mahmud Abdullah belum dapat memberikan sumbangan yang signifikan dalam menyelesaikan berbagai permasalahan yang masih dihadapi daerah ini, “Maka saya merasa perlu untuk menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh masyarakat Sumbawa. Namun dengan telah ditetapkannya Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM 2016-2021) menjadi peraturan daerah Kabupaten Sumbawa, maka satu langkah strategis telah dilaksanakan dalam rangka mengimplementasikan janji-janji kampanye kami untuk lima tahun kedepan. Namun tanpa dukungan segenap masyarakat Sumbawa, semua harapan dan cita-cita mulia dalam memajukan daerah ini tidak mungkin dapat kita laksanakan.

Baca juga:  Mahasiswa Di Sumbawa Gedor Kantor DPRD

Menurutnya, satu hal yang pasti disepakati bersama bahwa semua pihak berkeinginan agar Tana Samawa menjadi daerah yang jauh lebih maju dan lebih baik lagi. Karenanya segenap masyarakat Sumbawa diharapkan dapat bersinergi bersama pemerintah Kabupaten Sumbawa di bawah kepemimpinan kami Husni-Mo untuk kita bersama-sama bahu-membahu bergotong royong membangun komitmen memajukan daerah ini sesuai dengan kapasitas dan peran masing-masing.

Dalam kesempatan tersebut Bupati juga menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada segenap elemen masyarakat Sumbawa atas dukungannya membawa daerah ini dalam kondisi tetap rukun dan kondusif. “Semoga suasana ini dapat kita pelihara dan kita tingkatkan di masa-masa mendatang,” tandas Bupati. (KS/YD)

Baca juga:  Dilaporkan Hilang, Bocah 15 Tahun Ditemukan Tidak Bernyawa