oleh

Solusi Pengamanan Ternak, Abi Mang Dukung Program Pemasangan Chip

Rahman Alamudy
Dr. Arahman Alamudy SH Msi
Wakil Ketua DPRD Sumbawa

Sumbawa Besar, Kabar Sumbawa–Wakil Ketua DPRD Sumbawa Dr. Arahman Alamudy  SH Msi menyambut baik inovasi yang dilakukan pemerintah Kecamatan Alas Barat, dimana telah menerapkan pola pengamanan ternak melalui sistem pemasangan chip pada badan ternak. Menurutnya, upaya pengaman ternak di wilayah Kecamatan Alas Barat dengan metode teknologi baru tersebut perlu juga di contoh oleh wilayah kecamatan lainnya terutama wilayah kecamatan yang dianggap rawan ternak. Untuk diketahui, pola pengamanan ternak dengan mengunakan metode tanam chip di masing –masing ternak tersebut sudah dilakukan oleh pemerintah kecamatan Alas Barat sejak  beberapa bulan lalu dengan mengandeng Perusahaan Ureka yang bergerak dalam bidang ITE.

Lanjut Abi Mang sapaan akrabnya mengatakan, dengan adanya pola pengamanan ternak dengan mengunakan tekhnologi tersebut, memeberikan solusi atau angin segar bagi petani Ternak di sumbawa.dimana  Dimana masing- masing ternak akan ditanam Cip di badannya,yang nantinya Cip-Cip tersebut akan dilakukan pemantauan melalui masing- masing Receiver yang ditempatkan di masing-masing kantor Desa, Kecamatan dan kantor Polsek serta Koramil setempat seperti yang telah dilakukan oleh pemerintah Kecamatan Alas barat. Pihak DPRD Sumbawa dalam hal ini sangat setuju dengan program tersebut, “ bila perlu program tersebut dimasukkan juga dalam Perda ;“ jelasnya.

Baca juga:  1.691 Kegiatan Diusulkan pada Musrembang RKPD Sumbawa 2015

Menurutnya, pentingnya pola atau program pengamanan ternak sebagai salah satu perhatian bersama, mengingat kabupaten sumbawa telah dikenal dengan Bumi sejuta sapi, dimana sebagian masyarakatnya adalah mayoritas petani ternak yang sebagian besar pola pengembalaannya mengunakan sitem LAR, maka sangat cocok pola pengamanannya mengunakan sistem pemasangan Chip tersebut, “ Kami sangat mendukung sistem pengamanan ternak yang dilakukan Camat Alas Barat, bila perlu kita DPRD menganggarkan program tersebut” kata Abi Mang.(KS/YD)

iklan bkbpp

News Feed