oleh

Penuhi Standar Operasional Damkar, Tiap Tahun Dianggarkan 1 Unit Mobil

Kepala BPBD Sumbawa
Ir Mukmin, MSi
Kepala BPBD Sumbawa

Sumbawa Besar, Kabar Sumbawa—Guna memenuhi standar operasional dan ketersediaan mobil pemadam kebakaran di Kabupaten Sumbawa, Pemerintah Daerah akan membantu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dalam hal pengadaan unit mobil pemadam melalui APBD. “Setiap tahunnya akan dianggarkan pembelian 1 unit mobil pemadam kebakaran, hal ini untuk mengatasi keterbatasan armada Pemadam, “ujar Kepala BPBD Sumbawa, Ir Mukmin, MSi

Menurut Mukmin, untuk pengadaan unit pemadam pihaknya sudah berkali-kali mengusulkannya, karena tidak memiliki alokasi DIPA khusus, maka usulan tidak dapat dilakukan langsung melalui BPBD tetapi melalui Bagian Asset. Kendala lain yang menjadi penyebab lambannya proses pengadaan unit pemadam kebakaran disebabkan karena Unit Damkar secara organisasi berada di bawah naungan Kemenrian Dalam Negeri, sementara BPBD  yang membawahi Unit Damkar di bawah kendali Badan Nasional, sehingga berbeda kementerian yang menanganinya. “Seandainya berada di satu kementerian kemungkinan akses komunikasi lebih intens dilakukan,” ujar Mukmin.

iklan kampanye

Ditambahkan, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BPBN) dan Kementerian Dalam Negeri dalam hal bantuan pengadaan mobil pemadam kebakaran, ”Semoga saja Tahun 2017 mendatang Kabupaten Sumbawa mendapatkan alokasi bantuan unit pemadam kebakaran, mengingat   persoalan ini sangat pelik,” kata Mukmin.

Baca juga:  Raih Juara Umum HKG-PKK NTB ke-47, Hj. Amien Rahmani Husni Djibril : Buah Kebersamaan dan Kerja Keras Perempuan Sumbawa

Sementara dalam hal kelengkapan fasilitas lain, seperti peralatan safety dan perangkat pendukung lainnya akan segera diusulkan. “Mudah-mudahan hal ini dapat segera terealisasi,” tandasnya. (KS/YD)