oleh

Pemda Prioritaskan 13 Item Pembangunan Daerah

Rapat Paripurna 5Sumbawa Besar, Kabar Sumbawa–Visi pembangunan Kabupaten Sumbawa tahun 2016-2021 adalah terwujudnya masyarakat Sumbawa yang berdaya saing, mandiri dan berkepribadian berlandaskan semangat gotong royong. Visi tersebutakan diwujudkan melalui 3 agenda pembangunan yaitu, agenda peningkatan daya saing, agenda peningkatan kemadirian ekonomi masyarakat, dan agenda penguatan karakter kepribadian masyarakat, yang terakumulasi ke dalam 13 prioritas pembangunan daerah.

Wakil Bupati Sumbawa
Drs. H. Mahmud Abdullah
Wakil Bupati Sumbawa

Wakil Bupati Sumbawa Drs H Mahmud Abdullah saat sidang paripurna terkait Ranperda tentang RPJMD Kabupaten Sumbawa Tahun 2016-2021 pada Senin (13/6) lalu. Adapun 13 prioritas pembangunan daerah tersebut yakni, peningkatan kualitas pendidikan,peningkatan derajat kesehatan, pemantapan pelaksanaan reformasi birokrasi,  percepatan pembangunan infrastruktur, peningkatan nilai tambah komoditi unggulan daerah, peningkatan produktivitas petani peternak dan nelayan, mendorong tumbuhnya aktivitas usaha masyarakat, mendorong realisasi investasi, optimalisasi pemanfaatan sumberdaya alam berkelanjutan, peningkatan partisipasi masyarakat dalam melestarikan lingkungan hidup, peningkatan kualitas iman dan taqwa,  peningkatan toleransi dan keharmonisan dalam masyarakat,serta pengembangan potensi budaya dan kearifan lokal. ‘’Ke 13 prioritas tersebut, diimplementasikan melalui 7 misi pembangunan daerah,’’ ujarnya.

iklan kampanye

Dijelaskan, 7 misi pembangunan daerah yakni, pertama meningkatkan kualitas sumberdaya manusia melalui peningkatan kualitas pendidikan dan peningkatan derajat kesehatan masyarakat. Kedua mewujudkan birokrasi yang bersih, handal dan profesional sehingga mampu menjalankan pemerintahan sesuai dengan prinsip tata kepemerintahan yang baik (good governance). Ketiga mewujudkan percepatan pembangunan infrastruktur dengan membangun sinergi yang kuat dengan pemerintah pusat dan pemerintah provinsi.

Baca juga:  Aplikasi Otonomexpo 2017, Ajang Promosi Produk Unggulan Daerah

Kemudian Misi keempat mengembangkan potensi unggulan daerah dan meningkatkan produktivitas usaha masyarakat demi terwujudnya kesejahtaraan masyarakat, penurunan angka kemiskinan dan perluasan lapangan kerja. Kelima mewujudkan pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan hidup yang berkelanjutan. Keenam mewujudkan masyarakat yang religius dan memelihara toleransi antar umat beragama. Sertaketujuh memelihara dan mengembangkan potensi budaya dan kearifan lokal.

Dari 7 misi dan 13 prioritas pembangunan daerah tersebut, telah dielaborasi kedalam 50 tujuan, 144 sasaran, 151 strategi dan arah kebijakan, 238 program pembangunan daerah beserta indikator dan target kinerja yang ingin diwujudkan selama lima tahun kedepan.‘’Sebagai gambaran dari terwujudnya visi pembangunan daerah, telah dirumuskan 104 indikator kinerja daerah yang meliputi aspek kesejahteraan masyarakat, aspek pelayanan umum, dan aspek daya saing. Adapun tujuan, sasaran, strategi dan arah kebijakan, serta program prioritas pembangunan daerah secara terinci telah tertuang dalam lampiran raperda tentang rpjmd kabupaten sumbawa tahun 2016-2021, dan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pidato penjelasan ini,’’ pungkasnya. (KS/YD)

Baca juga:  Perjalanan Dinas Bupati Sumbawa ke Italia Resmi dan Teranggarkan