oleh

Komitmen Pemerintah Bangun Sarana Kesehatan Layak Dipertanyakan

PanSumbawa Besar, Kabar Sumbawa–Keberadaan sarana kesehatan terutama RSUD Sumbawa selalu menjadi sorotan di masyarakat. lokasinya yang sempit, sehingga sulit untuk dikembangkan, menjadi salah satu alasan kenapa RSUD harus dipindahkan, dan dibangun yang baru. Sehingga terhadap hal ini, sejumlah Fraksi di DPRD Sumbawa pun mempertanyakan komitmen Pemerintahan Husni – Mo untuk membangun sarana kesehatan yang layak di Kabupaten Sumbawa.

Juru bicara Fraksi PAN Hairil mengatakan, kesehatan merupakan hak dasar setiap manusia diharapkan dapat terpenuhi secara merata dan terus meningkat dari waktu ke waktu. Untuk mencapai hal tersebut, tentunya pembangunan  kesehata tidak hanya menitikberatkan pada masalah kuratif saja, namun juga pada aspek preventif dan promotif yang lebih menekankan pada pembangunan bidang kesehatan baik manusia, lingkungan, epidemologi dan aspek-aspek lainnya.

iklan kampanye

Selain itu, penyediaan fasilitas dan tenaga kesehatan merupakan bagian dari program pembangunan kesehatan. Ketersediaan fasilitas dan tenaga kesehatan berhubungan dengan kemudahan penduduk dalam mengakses layanan kesehatan. ‘’Fraksi PAN mempertanyakan komitment dari Pemerintahan Husni-Mo dalam membangunan sarana pelayanan Kesehatan seperti RSUD yang layak, serta konsep berobat terjangkau yang tidak hanya bersandar pada BPJS kesehatan yang justeru terkadang menempatkan masyarakat pada kondisi yang cukup sulit. Harus ada keberanian dari Pemkab Sumbawa untuk meninjau ulang mekanisme dan layanan yang diberikan oleh BPJS cabang Sumbawa,’’ tukasnya.

Baca juga:  Ketua TP-PKK Buka Sumbawa Hijab Festival

Begitu pula juru bicara Fraksi PPP Ismail yang meminta keseriusan Pemda terkait komitmen melakukan relokasi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sumbawa ke tempat yang lebih refresentatif. Hal ini dalam rangka untuk tetap memberikan pelayanan kesehatan maksimal kepada masyarakat. ‘’Kami menekankan agar melakukan analisis dan kajian secara komprehensif. Relokasi RSUD sudah tidak bisa di tawar-tawar lagi. Kami berharap pemerintah daerah melalui dinas teknis terus memberikan pendampingan dan sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya kesadaran hidup sehat dan bersih,’’ ujarnya.

Sementara juru bicara Fraksi Bintang Keadilan Khairuddin mendorongsegera dilakukan relokasi RSUD Sumbawa. Apalagi ini menjadi wacana hangat dikalangan masyarakat yang hajatnya adalah untuk peningkatan kwaliatas pelayanan kesehatan diKabupaten Sumbawa. ‘’Namun yang menjadi persoalan saat ini adalah lokasi tempat untuk relokasinya belum jelas. Oleh karena itu kami meminta penjelasan Pemda terkait hal itu,’’ pungkasnya. (KS/YD)

Baca juga:  Komisi X: Bila Perlu Bubarkan Saja STIP