Tingkatkan Pengamanan Lalu Lintas Ternak, Disnak Optimalkan Peran Tim Terpadu

Date:

Syafruddin Nur
Ir. Syafruddin Nur
Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Sumbawa

Sumbawa Besar, Kabar Sumbawa–Meski tingkat kasus pencurian ternak di Sumbawa cenderung menurun dan tak terdengar lagi, hal itu bukan berarti melemahkan kewaspadaan dalam menjaga dan mengamankan lalu-lintas ternak, termasuk berbagai upaya yang dilakukan Dinas Peternakan Kabupaten Sumbawa melalui peran Tim Terpadu yang dibentuk.

Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Sumbawa, Ir. Syafruddin Nur mengatakan, untuk melakukan pengamanan ternak dari adanya aksi pencurian dan pengiriman ternak ilegal keluar daerah, pihaknya selalu melakukan koordinasi dengan tim pengamanan lalu-lintas ternak termasuk  pihak kepolisian maupun pihak terkait lainnya, di daerah-daerah yang di anggap menjadi lokasi rentan akan aksi tersebut, Bahkan pihak Dinas telah melibatkan para Danramil di setiap kecamatan untuk membantu mengatasi masalah tersebut.

Baca juga:  BLK Sumbawa Mulai Rekrut Calon Peserta PBK Tahap I Tahun 2024

Menurutnya, langkah pengamanan dilakukan melalui kordinasi dan komunikasi terutama dalam melakukan pemantauan bersama jalur-jalur yang diangap rawan penyeludupan ternak, seperti jalur Sumbawa Selatan yakni Kecamatan Lunyuk, jalur Utara Sumbawa yakni Kecamatan Moyo Utara atau Desa Limung dan sekitarnya, sedangkan untuk wilayah Barat yakni di Labuan Burung serta wilayah perbatasan Sumbawa Bagian Timur atau wilayah Kecamatan Tarano.

Baca juga:  Peringati Malam Nuzulul Quran, Bupati Ajak Ciptakan Masjid Ramah Anak

Pihaknya berharap, untuk mengawal proses pengamanan tersebut, diperlukan adanya sarana pendukung, seperti pengamanan pengiriman hewan jalur laut yang mengharuskan adanya kapal patroli, selain adanya keterlibatan banyak pihak, mengingat keamanan ternak merupakan keamanan yang perlu dijaga bersama. (KS/YD)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan caleg iklan caleg

Populer

More like this
Related

THR ASN Pemkab Sumbawa Sudah Bisa Dicairkan

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Aparatur Sipil Negara (ASN) Lingkup...

Kapolsek Rhee Dan Plampang Berganti

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com -  Kepolisian Resor Sumbawa menggelar Upacara...

Peringati Malam Nuzulul Quran, Bupati Ajak Ciptakan Masjid Ramah Anak

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa memperingati malam...

Bupati Instruksikan Segera Tangani Jalan dan Drainase Pasca Musim Hujan

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud...