oleh

Dana BOK Tahun 2016 Mulai Dicairkan

Junaidi
Junaidi, Apt, MSi
Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa

Sumbawa Besar, Kabar Sumbawa—Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa mulai melakukan pencairan dana Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) Tahun 2016. Dana BOK tersebut dialokasikan  ke seluruh UPT puskesmas yang ada di Kabupaten Sumbawa, dimana masing-masing puskesmas akan menerima dana dengan jumlah  bervariasi, sesuai variabel yang telah ditentukan.

Sekretaris Dikes Junaidi Apt MSi mengatakan, BOK tahun ini masuk melalui DAK non fisik, dengan total anggaran seluruhnya mencapai Rp 6 milyar. Sebelumnya dana BOK dikelola melalui dana Tugas Pembantuan (TP) dari Pemerintah Pusat. “Sebelum BOK dicairkan, masing-masing UPT puskesmas terlebih dahulu harus mengajukan usulan kegiatan yang akan dilaksanakan. Usulan tersebut kemudian diverifikasi oleh tim BOK yang dibentuk di Dikes. Setelah seluruh persyaratan terpenuhi, baru dana tersebut dikirim ke masing-masing puskesmas,” ujar Junaidi.

iklan kampanye

Dikatakan, pencairan dana BOK awalnya masuk melalui rekening Dinas Kesehatan, kemudian didistribusikan ke seluruh UPT puskesmas sesuai dengan variabel yang ada. Seperti menurut  jumlah penduduk, luas wilayah, daerah terpencil, jumlah kegiatan yang dilasanakan, serta berbagai bentuk program lainnya. ‘’Mulai tahun ini, pengelolaan BOK melalui DAK non fisik dan masuk menjadi komponen APBD. Begitu pencairan APBD sekitar Bulan Maret baru bisa didistribusikan,’’ tandasnya. (KS/YD)

Baca juga:  2018, SKPD di KSB Tak Lagi Pakai Internet Swasta