oleh

Dinas PU Diminta Tinjau Kondisi Jembatan Alas

jembatan alasSumbawa Besar, Kabar Sumbawa—Masyarakat Kecamatan Alas mengeluhkan kondisi jembatan Alas yang mulai tidak nyaman lagi dilalui pengendara. Jembatan yang baru saja direnovasi setahun lalu melalui dana APBN sebesar Rp.5 Miliar, kondisinya kini rawan roboh dimana konstruksi jembatan lebih rendah dari elevasi jalan raya.Terhadap kondisi ini dinas terkait dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum (PU) Sumbawa diminta untuk melakukan peninjauan terkait kondisi jembatan tersebut. “Kami minta dinas terkait segera melakukan pengecekan terkait kondisi jembatan, sebab dikhawatirkan akan roboh,” ujar Ketua Fraksi PDI Perjuangan Kabupaten Sumbawa, Abdul Rafiq.

ABDUL RAFIQ
ABDUL RAFIQ
Ketua Komisi II DPRD Sumbawa

Dikatakan, jembatan Alas merupakan jembatan transit yang dilalui oleh berbagai jenis kendaraan antar daerah, antar provinsi bahkan antar Pulau. Jika jembatan tersebut rusak atau roboh maka dipastikan berpengaruh terhadap roda perekonomian di Pulau Sumbawa bahkan beberapa provinsi di wilayah Timur Sumbawa. ”Jutaan ton tiap hari berbagai jenis kendaraan melintas di atas jembatan Alas, jangankan kendaraan besar, kendaraan kecil  saja yang melintas jembatan sudah goyang,” kata Rafiq.

iklan kampanye

Jika kondisi tersebut tetap dibiarkan kata Rafiq, apa yang akan terjadi jika jembatan itu roboh, Lewat jalur mana kendaraan melintas. Dampaknya perekonomian akan terganggu dan dikhawa tirkan dapat menimbulkan korban manusia. “Kami minta dinas terkait  segera turun ke lokasi untuk memastikan kondisi jembatan tersebut, laek tidaknya jembatan tersebut digunakan,” jelas Rafiq.

Baca juga:  JOIN NTB Sesalkan Pengusiran Wartawan Di Stikes Yarsi

Ditambahkan, pihaknya meminta klarifikasi dari dinas terkait tentang jaminan jembatan itu layak digunakan, karena dikhawatirkan dapat mengancam nyawa manusia dan ekonomi menjadi terganggu. Karena jika roboh, proses perbaikannya tentu membutuhkan waktu yang cukup lama.”Sekali lagi saya berharap dinas PU segera turun tangan,”tandasnya. (KS/YD)

iklan debat