oleh

Diskoperindag Pantau Harga Barang dan Batas Kedaluwarsa

Drs. Zainal Abidin
Drs. Zainal Abidin
Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sumbawaza

Sumbawa Besar, Kabar Sumbawa—Memasuki Bulan Suci Ramadhan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Sumbawa telah melakukan pemantauan terkait kemungkinan terjadinya lonjakan harga sejumlah barang. Termasuk melakukan pengawasan dan pemantauan berbagai produk makanan dan minuman serta jenis produk kosmetik yang telah memasuki masa kedaluwarsa (Expayed).

Kepala Diskoperindag Kabupaten Sumbawa, Drs. Zaenal Abidin mengatakan, hasil pemantauan harga di sejumlah pasar tradisional dan modern belum ditemukan adanya peningkatan harga yang signifikan. Kendati terjadi peningkatan, hanya berkisar 10 persen saja, itupun pada jenis-jenis barang tertentu. Sedangkan untuk jenis daging peningkatannya mencapai 5 persen dari harga biasa.

iklan kampanye

Dikatakan, guna melakukan pemantauan dan pengawasan harga barang dan barang kedaluwarsa pihaknya melibatkan dua tim, yakni tim pemantauan harga dan tim pemantauan barang kedaluwarsa termasuk melibatkan tim di tingkat kecamatan. “Kalau sebelum puasa kami konsen dalam pemantauan harga, maka mulai Senin kami akan melakukan pemantauan terhadap barang-barang kedaluwarsa,” ujar Zaenal.

Baca juga:  Warga Lunyuk Kembali Beralih Tanam Jagung Ketimbang Nambang Batu Akik

Ditambahkan, peningkatan harga sejumlah barang relatif stabil, mengingat stok cukup tersedia termasuk belum adanya perubahan tarif transportasi. “Kami mengingatkan para konsumen agar teliti sebelum membeli, minimal dua bulan sebelum batas kedaluarsa sudah tidak boleh dikonsumsi,” tandasnya. (KS/YD)

iklan debat