oleh

Jelang Ramadhan Polisi Amankan Berbagai Jenis Barang Kadaluwarsa

kapolres ops barang kadaluarsa
AKBP Muhammad SIK
Kapolres Sumbawa

Sumbawa Besar, Kabar Sumbawa–Berbagai jenis barang kadaluarsa berhasil diamankan Anggota Polres Sumbawa, dalam rangka cipta kondisi yang dinamakan Kegiatan Kepolisian Yang Ditingkatkan (K2YD) menjelang Bulan Suci Ramadhan 1437 hijriah. Berbagai jenis produk yang diamankan tersebut berupa produk sabun, lotion, kosmetik, deodorant, mie instan,dan beberapa produk makanan dan minuman.

Kapolres Sumbawa AKBP Muhammad SIK, kepada wartawan menjelaskan, dari penyisiran yang dilakukan di sejumlah kios di Pasar Brang Biji, hasilnya ditemukan puluhan jenis barang yang sudah kadaluarsa seperti sabun, shampo, body lotion, mie instan, bumbu cepat saji, minuman kaleng dan botol serta produk lainnya. Seluruh barang tersebut kemudian diamankan ke Mapolres. ‘’Saya menghimbau kepada para pedagang sembako atau barang makanan untuk memeriksa barang dagangannya. Kalau ada yang tidak ada izin dari BPOM, Menkes dan lainnya, atau yang sudah kadaluarsa tolong ditarik dari peredaran,’’ ujar Kapolres.

iklan kampanye

Menurutnya, jika nantinya masih ditemukan adanya barang kadaluarsa yang masih terpajang di kios pihaknya tidak segan  untuk memberikan sanksi. Apabila dengan sengaja menaruh barang kadaluarsa tersebut dapat dikenai pidana dengan Undang-undang perdagangan atau UU perlindungan kosumen. ‘’Kalau terbukti kita lihat sejauh mana keterlibatannya. Apakah sengaja ditaruh barang atau tidak,’’ kata Kapolres.

Baca juga:  Terlibat Narkoba, Lima Oknum PNS Sumbawa Dikenakan Sanksi Berat

Selain menemukan berbagai produk kedaluwarsa, Polisi juga berhasil menyita minuman keras jenis arak di Dusun Marga Karya Kecamatan Moyo Hulu. Dari tiga jerigen yang diamankan, hanya satu yang berisi arak, kemudian ada juga 5 dibungkus arak yang ditaruh didalam panci. ‘’Kita juga lakukan razia terhadap sepeda motor knalpot bising dan petasan,’’ tandasnya (KS/YD)