by

Pengawasan Potensi Laut Selatan Sumbawa Belum Optimal

Ir Junaidi, MSi
Kepala Dinas Ir Junaidi, MSi
Kelautan Dan Perikanan Kabupaten Sumbawa

Kabarsumbawa.com, Sumbawa Besar – Karena terbatasnya sarana dan prasarana penunjang, pengawasan dan pengamanan potensi Samudra Hindia (Laut Selatan) Sumbawa belum optimal dilaksanakan. Padahal jika dilihat dari potensinya, laut Selatan lebih kaya dengan potensi kelautan.

Kepala Dinas Kelautan Dan Perikanan Kabupaten Sumbawa, Ir Junaidi, MSi kepada Kabar Sumbawa mengatakan, untuk mengamankan dan mengelola potensi Samudra Hindia (Laut Selatan) telah dibentuk wadah yang beranggotakan 70 Kabupaten/Kota se Indonesia yang berbatasan dengan Samudra Hindia. dibentuknya wadah tersebut  untuk lebih mempertajam agenda tentang pengelolaan wilayah bersama, dengan mengembangkan wilayah Selatan.

Terkait hal tersebut, pihaknya mendorong pemerintah pusat untuk membantu menyiapkan sarana dan prasarana pendukung, sehingga kesulitan sarana untuk melakukan pengawasan dapat segera dipenuhi.

Baca juga:  Satdamkar Akan Kembalikan Tiga Unit Kendaraan

Langkah pengawasan yang dilakukan sementara ini adalah melakukan pengawasan internal masyarakat, jika melihat dan mengetahui adanya pelanggaran, masyarakat dapat melaporkan untuk kemudian diteruskan kepada pemerintah pusat, “Kami tidak bisa melakukan penawasan sendiri, sehingga perlu melibatkan partisipasi masyarakat, karena di wilayah Selatan terindikasi banyak nelayan yang berasal dari luar Sumbawa,”tandasnya. (KS/YD)