by

Jelang Ramadhan Harga Sembako di Sumbawa Relatif Stabil

Pedagang Pasar Seketen
Situasi Pedagang Pasar Seketeng Menjelang Bulan Ramadhan

Kabarsumbawa.com, Sumbawa – Beberapa hari ini menjelang Ramadhan harga sembilan kebutuhan pokok (Sembako) di Sumbawa relatif stabil, hal ini bertdasarkan pantauan yang dilakukan Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Sumbawa di sejumlah pasar yang ada di Kabupaten Sumbawa.

Zainal Abidin
Drs Zainal Abidin
Kepala Diskoperindag Sumbawa

Kepala Diskoperindag Sumbawa Drs Zainal Abidin yang ditemui Kabar Sumbawa, Selasa (31/5)  mengungkapkan, harga kebutuhan pokok seperti sayur, ikan, daging, sejauh ini masih realtif stabil. Walaupun ada sejumlah kebutuhan yang mengalami penurunan harga seperti, ikan air tawar yang mengalami penurunan harga, dari sebelumnya Rp. 35 ribu menjadi Rp 33. ribu perkilogramnya. Ini disebabkan banyaknya pasokan, sementara permintaan masyarakat tidak banyak.

Baca juga:  Resedivis Lotim di Amankan

Demikian juga harga cabai keriting mengalami penurunan dari Rp 25 ribu menjadi 23 ribu perkilogram. Harga cabai rawit turun 10,71 persen dari Rp 28 ribu menjadi 25 ribu perkilogram. Hal ini disebabkan banyaknya pasokan, sementara permintaan masih tetap.

Sementara sayur buncis turun 14,29 persen dari Rp 14 ribu menjadi 12 ribu per kilogram, sebagai akibat turunnya harga di tingkat pedagang pengumpul. Sementara harga sayur kol naik 15,38 persen dari Rp 6.500 menjadi Rp 7.500 perkilogram, in disebabkan naiknya harga ditingkat penyalur. ‘’Kalau pun ada kenaikan harga pas puasa nanti, palingan sekitar 5 sampai 10 persen,’’ pungkasnya. (KS/YD)