oleh

Kebakaran Hebat, Pemilik Rumah Panik Dan Kejutkan Warga

Sumbawa Besar, Kabar Sumbawa — Kebakaran hebat yang terjadi di Kelurahan Bugis Kamis malam (25/5), tepatnya di depan ruas jalan Diponegoro Sumbawa Besar membuat pemilik rumah panik dan mengejutkan warga. Api dengan cepatnya membubung tinggi ke udara dan melalap bangunan rumah bersama isinya, kebakaran terjadi sekitar pukul 20.20 (WITA).

Salah seorang warga Kelurahan Uma Sima yang rumahnya berhadapan dengan lokasi kebarakan, Iwan Ranteg kepada Kabar Sumbawa mengatakan, kebakaran pertama kali diketahui warga berasal dari rumah Herman, salah seorang pengusaha tambak udang. Sebelum api dan asap mengepul, warga sekitar mendengar adanya suara ledakan di sekitar tempat parkir halaman rumah Herman. Tidak lama berselang, api membumbung sekitar 3 meter ke atas langit, api kemudian merembet ke arah belakang rumah toko (ruko) I One Cell. “Awalnya ada ledakan dari arah truk yang diparkir di rumah pak Herman. Lalu api mengenai tabung gas elpiji, dan merembet ke I One Cell, api juga mengenai kediamaan pak Herman,” ujar Iwan Ranteg.

Baca juga:  Empat Pasar Mulai Digarap, Pasar Utan Ditender Ulang

Keterangan sumber di lapangan juga menyebutkan, bahwa di rumah Herman diketahui menyimpan ratusan liter solar untuk kebutuhan tambak udangnya. Rumah tersebut ludes terbakar akibat solar yang semakin menyulut api semakin membesar. Sejumlah mobil pemadam kebakaran yang dikerahkan dibantu aparat Kepolisian Resort Sumbawa dan dibantu warga berusaha memadamkan api, namun karena terbatasnya daya dan gerakan di sekitar lokasi karena adanya kerumunan warga membuat proses pemadaman sedikit terkendala.

Api yang kian mengamuk kemudian merembet ke gudang Puncak Sari milik Ngakan Putuh Supardana, di dalam gudang tersebut tersimpan sembako dan minyak goreng. Akibatnya, api yang menyambar minyak goreng membumbung tinggi ke langit. Akibat amukan si jago merah ini, Ngakan Putu Supardana mengalami kerugian ditaksir mencapai sekitar Rp. 1 Miliar. Sedangkan kerugian di pihak Herman ditaksir sekitar Rp. 1,5 Miliar. Di halaman rumah Herman ternyata ada sebuah truk yang juga turut terbakar (diduga sumber api) dan satu unit sepeda motor yang terparkir tidak jauh dari truk tersebut.

Baca juga:  PNS Terlibat Narkoba Dipecat

Hingga sekitar pukul 23.45 WITA, api di sudut bangunan mulai meredup. Aparat kepolisian dan petugas pemadam kebakaran masih standby dan berusaha memadamkan api sepenuhnya agar tidak merembet ke permukiman warga sekitar lokasi kebakaran. Sejauh ini belum dapat dipastikan penyebab utama terjadinya kebakaran tersebut. (KS/YD)

News Feed