oleh

Bupati Ajak Masyarakat Sumbawa Gemar Makan Ikan

Sumbawa Besar, Kabar Sumbawa—Bupati Sumbawa mengajak Mastarakat di Kabupetn Sumbawa untuk menggemari makan ikan. “Mari kita didik dan persiapkan anak-anak kita, generasi muda kita untuk membiasakan diri banyak mengkonsumsi ikan, sebagai salah satu sumber protein hewani yang bergizi tinggi” ajak Bupati Sumbawa H.M Husni Djibril B.Sc dalam sambutannya saat membuka Pengukuhan Kepengurusan Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kabupaten Sumbawa dan Lomba Masak Serba Ikan, Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di Lapangan Pahlawan Sumbawa, Kamis (26/5/2016).

Dikatakan Bupati, selam ini anggapan orang-orang tua kita dulu yang mungkin karena kehidupan yang demikian susah atau kondisi sosial budaya yang tidak atau kurang mendukung, dimana “mereka makan agar sekedar kenyang”, sehingga terhadap konsumsi ikan hanya mengandalkan ikan seadanya. Hal ini yang perlu mendapat perhatian bersama bahwa memakan/mengkonsumsi ikan yang cukup dan seimbang akan menunjang peningkatan kesehatan dan kecerdasan anak/generasi muda.

iklan kampanye

“Kita patut bersyukur bahwa produksi perikanan kita terus meningkat akhir-akhir ini. Hal ini ditunjang dengan adanya sarana-prasarana yang cukup memadai, serta masuknya investor-investor yang didukung oleh iklim investasi sehat dan kondusif. Kondisi tersebut harus terus dipelihara guna mendukung laju pertumbuhan ekonomi daerah, membuka lapangan kerja, dan meningkatkan pendapatan yang bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. Dengan demikian, harapannya masyarakat Sumbawa yang berdaya saing, mandiri, dan berkepribadian berlandaskan semangat gotong royong dapat terwujud”, kata Bupati Sumbawa.

Baca juga:  Tiga OPD, Awali Pencanangan Zona Integritas di KSB

Haji Husni sapaan akrab Bupati Sumbawa juga menambahkan, melalui momentum yang strategis ini dirinya sangat berharap dengan pengukuhan kepengurusan Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (FORIKAN) Kabupaten Sumbawa saat ini, sahabat-sahabat sekalian dapat bekerja lebih giat untuk menggerakkan partisipasi masyarakat dalam upaya peningkatan konsumsi ikan melalui Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan), dengan tetap menjaga kebersamaan, serta “saling gayong, saling satotang” dalam mengimplementasikan hajat dari pembentukan forum ini. Peningkatan kualitas sumberdaya manusia tidak lepas dari apa yang dikonsumsi setiap hari. “kepada SKPD terkait agar mengemas pasar ikan dengan indah dan tertata rapi. Pada masa pemerintahan Husni – Mo, kami akan menyambung komunikasi dengan pemerintah masa lalu demi mencapai keberhasilan bersama dalam membangun pasar yang indah. Dan dalam menggali potensi laut Sumbawa, saya akan sangat bangga apabila ada orang Sumbawa yang menjadi pioneer dalam mengembangkan potensi ikan di Kabupaten Sumbawa”, harap Bupati Sumbawa.
Sebelumnya, diberikan makanan tambahan secara simbolis kepada siswa TK, SD, Ibu Hamil, dan Balita oleh Ketua TP PKK Kabupaten Sumbawa.

Ketua Forikan Kabupaten Sumbawa Hj. Amien Rahmani Husni Djibril dalam sambutannya menyampaikan, sebagai rangkaian kegiatan forikan pada tahun 2016 telah dilaksanakan beberapa kegiatan antara lain, penyuluhan/sosialisasi gemarikan di Kecamatan Alas Barat, Kecamatan Alas, Kecamatan Batu Lanteh dan Kecamatan Lopok. Dari 24 kecamatan yang ada di Kabupaten Sumbawa, 21 kecamatan sudah melaksanakan sosialisasi gemarikan. Kemudian pada tanggal 25 mei 2016 bekerjasama dengan dislutkan Provinsi NTB melakukan kegiatan demonstrasi pengolahan hasil perikanan yang pesertanya berasal dari kader posyandu dan wanita nelayan sejumlah 30 peserta yang berlokasi di Desa Karang Dima Kec. Labuhan badas.

Baca juga:  Pemkab Bengkalis Pelajari Tata Kelola Kecamatan di Kabuapten Sumbawa

Dikatakan, Dari 30 peserta tersebut diharapkan dapat menjadi kader yang dapat mensosialisasikan kegiatan gemarikan dan pembinaan teknik pengolahan hasil perikanan. Forikan Kabupaten Sumbawa sebagai bagian dari Forikan Provinsi Nusa Tenggara Barat selama tiga tahun terakhir dipercaya menjadi narasumber pada setiap rapat koordinasi Forikan tingkat Provinsi NTB. Hal ini didukung oleh tingginya perhatian pemerintah Kabupaten Sumbawa dan masyarakat untuk mendukung peningkatan konsumsi ikan baik dalam bentuk pembiayaan anggaran dan program maupun kegiatan yang dilaksanakan, yang pada akhirnya akan berdampak pada peningkatan kualitas sumber daya manusia yang dimiliki Kabupaten Sumbawa.

Diakhir kegiatan, Bupati Sumbawa dan Ketua TP PKK Kabupaten Sumbawa menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba masak serba ikan dimana juara I lomba diraih oleh GOW Kabupaten Sumbawa, juara II diraih oleh TP PKK Kecamatan Empang, juara III diraih oleh TP PKK Kecamatan Labangka, juara harapan I diraih oleh TP PKK Kecamatan Moyo Utara, juara harapan II diraih oleh TP PKK Kecamatan Tarano, juara harapan III diraih oleh TP PKK Kecamatan Lunyuk. Juara favorit diraih oleh TP PKK Kecamatan Tarano dan TP PKK Kecamatan Lunyuk. (KS/YD)