oleh

Sumbawa Sepakati 6 Persen Saham PT DMB di Jual

paripurna bahas saham pt nntSumbawa Besar. Kabar Sumbawa, Pemerintah daerah bersama dengan DPRD kabupaten Sumbawa bersepakat untuk melakukan penjualan atas 6 persen saham PT NNT yang dimiliki oleh PT DMB kepada PT MDB.  Surat kesepakatan tersebut dibacakan oleh Sekretaris Dewan Drs Abdul Gani Nasbi dalam rapat paripurna pengesahan ranperda kabupaten Sumbawa. turut hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Sumbawa H M Husni Djibril B.Sc, Dandim 1607 Letkol Arm Sumbawa, Kapolres AKBP Muhammad SIK, anggota DPRD, serta  pimpinan SKPD yang ada di lingkup pemkab Sumbawa, Selasa (24/5).

Dalam kesepakatan tersebut disebutkan Sekwan bahwa, sesuai dengan surat Bupati Sumbawa nomor 543/238/ABP dan LPBJP/2016, prihal persetujuan penjualan saham PT DMB yang memohon persetujuan DPRD Kabupapaten Sumbawa terkait rencana penjualan 6 persen saham PT Newmont Nusa Tenggara PT NNT yang dimiliki oleh PT tersebut pada PT MDB. Setelah adanya surat tersebut, dilanjutkan dengan adanya nota kesepakatan antara PT DMB dengan PT Multi Kapital tentang penjualan saham PT NNT yang dimiliki oleh PT MDB tanggal 5 Mei 2016. Hal tersebut kemudian ditindak lanjuti, berdasarkan surat keputusan direktur PT DMB tanggal 9 Mei 2016 nomor 17/DMB/V/2016 tentang penjualan saham yang meminta persetujuan Bupati Sumbawa atas penjualan kepemilikian atas 6 persen kepemilikan saham PT NNT milik PT DMB.  Setelah adanya hal tersebut maka dalam rapat komisi II DPRD Kabupaten Sumbawa sebagaimana tertuang dalm berita acara pertemuan tanggal 18 Mei 2016 dan keputusan dalam rapat pimpinan DPRD Kabupaten Sumbawa dan pimpinan fraksi-fraksi DPRD sebgaimana tertuang dalm pertemuan tanggal 23 Mei 2016. yang menyepakati untuk dilakukan penjualan atas 6 persen saham yang dimiliki oleh PT DMB pada PT MDB.

iklan kampanye

Dengan adanya pertimbangan-pertimbangan tersebut maka ditetapkan beberapa hal terkait dengan masalah ini yakni, memberikan persetujuan terahdap isi dan substansi surat permohonan Bupati Sumbawa yang ditujukan kepada DPRD kabupaten Sumbawa dengan mempedomani asas kepatutan dan kepantassan serta dengan mempertimbvangkan asas manfaat yang sebesar-besarnya bagi daerah. Selanjutnya, terkait dengan deviden PT NNT tahun 2015, dan deviden kwartal pertama tahun 2016 atau deviden sampai dengan terjadinya transaksi penjualan saham uang menjadi bagian PT MDB, maka seluruh deviden itu harus dibagikan kepada masing-masing pemegang saham PT MDB sesuai dengan proporsi kepemilikian saham. (Ron)

Baca juga:  Bupati Sumbawa Gelar Pasukan Operasi Ketupat Gatarin 2015