oleh

Lima Hari Menghilang Warga Brang Biji Ditemukan Mengapung di Laut

Penemuan Mayat terapung 2Sumbawa Besar, Kabar Sumbawa — Suripto (42) warga Rt 03/Rw 06 Kelurahan Brang Biji Kecamatan Sumbawa yang sempat dilaporkan hilang oleh Trismiati (39), Jumat (20/5). Lelaki yang pergi meninggalkan rumah sejak Rabu (18/05) sekitar pukul 13.00 wita akhirnya ditemukan oleh warga Rt 01/ Rw 06 dusun Sumir Payung, Desa Karang Dima, Kecamatan Labuhan Badas, Minggu (22/5) dalam keadaan membusuk.

Erwin salah seorang warga sekitar yang menemukan pertama kali mayat tersebut kepada wartawan mengatakan, sebelumnya Ia diberitahu oleh Ibu Iya sekitar pukul 15.30 Wita prihal adanya mayat tersebut. Setelah dilakukan croscek dengan menggunakan teropong ternyata memang benar bahwa yang mengapung tersebut merupakan sesosok mayat. Tanpa fikir panjang Ia bersama dengan warga sekitar melakukan pengambilan mayat tersebut yang pada saat itu masih berada di tengah laut atau sekitar 200 meter dari pinggir laut dengan menggunakan kain karena apabila disentu mayat tersebut akan melepuh. “Kami tidak mengetahui identitas dari mayat tersebut kami hanya mengambil mayat tersebut dari laut, kemudian lansung kami laporkan kepada aparat penegak hukum untuk melakukan oleh tempat kejadian perkara (TKP),” ujarnya.

iklan kampanye

Ditemuai secara terpisah kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumbawa Ir Mukmin M.Si kepada wartawan mengatakan, sebelumnya pihaknya sudah menerima laporan terkait dengan hilangnya warga tersebut. Tetapi pihaknya menyarankan kepada pelapor untuk segera malakukan pelaporan secara resmi kepada aparat penegak hukum. Setelah adanya laporan tersebut pihaknya lansung menghubungi teman-teman SAR untuk melakukan pencarian. “Kami sudah melakukan pencarian hanya saja kami memiliki safety khusus SAR karena scopnya tidak diketahui secara pasti,” ungkapnya, seraya mengatakan, hanya saja kemarin sudah dilakukan pelaporan kepada aparat penegak hukum mungkin Polisi sudah berupaya dengan Pol Airut . Selain itu pihaknya juga sudah menyediakan Kantong mayat dan tandu untuk mengangkat mayat tersebut guna dilakukan visum di RSUD Sumbawa.

Baca juga:  Pilkades, Kapolres Sumbawa Ajak Masyarakat Jaga Kekompakan dan Kerukunan

Sementara itu Kapolres Sumbawa Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Muhammad SIK yang dikonfirmasi melakukan celuler membenarkan adanya penemuan mayat tersebut. Bahkan untuk proses selanjutnya, pihaknya juga sudah turun ke lapangan untuk olah TKP. Setelah melakukan olah TKP mayat tersebut lansung dibawa ke RSUD Sumbawa untuk dilakukan visum terkait dengan penyebab kematian yang bersangkutan. “Sampai dengan saat ini kami  belum mengetahui secara pasti penyebab kematian Korban, tetapi sesuai dengan prosedur yang ada kami juga sudah melakukan olah TKP guna memastikan penyebab kematian warga ini,” ungkap Kapolres. Seraya menambahkan, sementara untuk dilakukan atau tidaknya autopsy pihaknya masih menunggu kepastian dari keluarga korban. “Kami masih menunggu persetujuan dari keluarga korban apakah mau diautopsy atau tidaknya, terhadap keluarganya ini,” terang kapolres.

Baca juga:  Komisi II DPRD Sumbawa Optimis Deviden PT DMB Dapat Direbut

Seperti diberitakan sebelumnya, kasus ini berawal dari adanya laporan, Trismiati didalam laporannya Rabu 18 Mei lalu menyebutkan bahwa korban Suripto pergi mengenderai sepeda motor Honda Vario ke Karang Padak Desa Labuhan Sumbawa Kecamatan Labuhan Badas untuk memperbaiki sampan atau perahunya. Saat meninggalkan rumah, korban sempat disaksikan oleh Hartini (39). Informasi sepeda motor korban ditemukan sedang diparkir di Karang Padak. Sedangkan sampan atau perahunya ditemukan di Pantai Batu Gong yang berjarak sekitar dua kilometer dari Karang Padak. (ron)