oleh

Buffalo Carnival Siap Meriahkan Festival Moyo Tahun Ini

Amri
H. Amri, M. Si
Kepala Dinas Pemuda Olah Raga, Budaya dan Pariwisata

Sumbawa Besar. Kabar Sumbawa, Penyelenggaran Festival Moyo (FM) tahun ini akan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Artinya dalam tahun ini ada agenda yang sangat unik yang akan ditampilkan oleh penyelenggara salah satunya yaitu adanya item kegiatan Buffalo carnival (karnaval kerbau).

Kepala dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata (Disporabudpar) kabupaten Sumbawa H Amri S.Sos, M.Si yang ditemui Kabar Sumbawa diruang kerjanya, Rabu (18/5) mengatakan bahwa, di tahun ini (2016) dalam penyelenggaran Festival Moyo akan ada nuansa berbeda dan sangat unik apabila di bandingkan dengan penyelenggaraan pada tahun-tahun sebelumnya. Didalam tahun ini beberapa tahun kedepan pihaknya akan menggunakan ikon kerbau sebagai brand. Artinya bahwa kerbau ini merupakan hewan asli Kabupaten Sumbawa yang disetiap tahunnya selalu berkurang maka melalui FM tahun ini, kerbau inilah yang patut diangkat. “Kami sudah berkoordinasi dengan kemenpar untuk bisa memberikan dukungan dana dalam penyelenggaran Buffalo carnival mengingat untuk dukungan dana dari APBD tidak dialokasikan untuk itu,” ujarnya.

iklan kampanye

Dalam moment Festival Moyo ini kerbau akan diupayakan bisa menjadi primadona. Artinya bahwa, tidak hanya karnaval kerbau saja melainkan akan ada juga jajanan atau makanan yang pada intinya menjajakan daging kerbau. “ Inilah nuansa berbeda yang akan kami coba hadirkan dalam penyelenggaraan FM tahun ini,” ungkapnya. Tentunya kerbau-kerbau yang akan mengikuti karnaval tersebut akan dihiasi sedemikian rupa sehingga akan menambah kesan unik dalam penyelenggaraanya. Rencananya kerbau-kerbau ini akan diarak dari berbagai macam penjuru dan akan berkumpul di lokasi puncak acara yitu di Taman Kerato. “Kami sudah membuat rancangan proposal ke Kemenpar untuk kegiatan Buffalo Carnaval ini, mudah-mudahan hal ini dapat terwujud,” ungkapnya. Tentunya di tahun pertama in pihaknya akan mencoba sedemikian rupa, tetapi untuk tahun kedua dan tahun-tahun selanjutnya pihaknya akan mengemas menjadi ajang yang semakin menarik.

Baca juga:  Kasus Wamena, Tujuh Warga Sumbawa Berhasil Dipulangkan

Selain itu lanjutnya, berbagai macam kegiatan juga akan dikemas berbeda seperti untuk lomba mancing dan lomba balap sampan akan digunakan perahu hias dan akan diarak. Adapun rute yang akan diambil dalam pengarakan tersebut yaitu dari pantai Goa menuju Pantai Jempol dan akan dilaksanakan pada sore hari. Artinya bahwa, untuk FM tahun pihaknya bersama dengan pemerintah daerah akan mencoba memmberikan nuansa berbeda yang tentunya akan dikenang oleh masyarakat. “Kami berharap untuk event FM tahun ini bisa berjalan lancar sehingga di FM selanjutnya masyarakat akan lebih antusias mengikuti setiap event yang ada,” ringkasnya. (Ron)

Baca juga:  Di Sumbawa, Blangko E-KTP Masih Kosong