by

Mobil Puskel Mangkrak Warga Ropang Resah

Sumbawa Besar, Kabar Sumbawa—Warga Kecamatan Ropang mengeluhkan soal pelayanan UPT Puskesmas setempat, pasalnya mobil operasional yang hampir 5 tahun ini mangkrak, belum ada upaya penggantian. Bahkan banyak pasien darurat yang terpaksa harus menyewa kendaraan umum untuk menuju ke Sumbawa Besar.

Salah seorang warga, Syafruddin Okem saat ditemui Kabar Sumbawa di kediamannya mengatakan, selama hampir 5 tahun ini mobil Puskel Ropang tersebut mangkrak. Sehingga ketika ada pasien rujukan (darurat) terpaksa harus menyewa kendaraan umum (truk). “Karena medan yang berat, truk harus berjibaku dengan lumpur dan jalanan terjal sehingga seringkali pasien terlambat ditangani,” ujarnya.

Hal senada disampaikan warga Ropang lainnya, Chepy, menurutnya, terkait kondisi tersebut dirinya pernah menyampaikan langsung kepada Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa. Dan hal itu ditanggapi serius untuk segera disikapi, namun hingga kini mobil Puskel yang dinanti warga Ropang tak kunjung terealisasi. “Secara pribadi saya pernah menemui langsung Kadis Kesehatan Sumbawa, agar hal ini menjadi perhatian, namun sayangnya hingga kini entah apa persoalannya mobil tersebut belum ada.” Kata Chepy.

Baca juga:  Bahaya!!! Ruang Anak dan Ruang Pasien Penyakit menular Berdampingan

Menanggapi hal ini Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa, Junaedi, APT, MSi mengatakan. Pengadaan mobil Puskel sebenarnya sudah dilakukan sejak Tahun 2014 lalu melalui dana TP. Namun karena proses perubahan DIPA yang berlarut-larut di Departemen Kesehatan, baru pada akhir tahun 2014 sekitar bulan November perubahan DIPA selesai dilakukan, sehingga PPK tidak berani melaksanakan dan akhirnya dana  tersebut dikembalikan ke pemerintah pusat. Pada Tahun 2015 diupayakan lagi melalui dana DAK, sudah proses di ULP bahkan kontraknya juga sudah ditandatangani. Namun rekanan tidak mampu melaksanakan pengadaan mobil tersebut karena stoknya tidak ada. Sehingga pada Tahun 2016 ini diupayakan lagi melalui dana DAK, pemenang tendernya sudah ada  prosesnya juga lebih awal dilakukan. “Kami optimis mobil Puskel Ropang terealiasi tahun ini, karena sifatnya sangat mendesak,” tandas Sekdis.

Sementara itu Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pengadaan Mobil  Puskesmas Ropang, Rita Kusaeni SE, MH menjelaskan, karena medan berat pengadaan mobil untuk UPT Puskesmas Ropang membutuhkan spek khusus (Double Gardan). Pengadaannya melalui system E Catalog dengan merk Mazda (Jepang). Setelah dikrim ke Indonesia mobil akan dimasukkan ke karoseri terlebih dahulu setelah selesai baru dikirim ke Sumbawa.” Karena prosesnya lebih awal dilaksanakan, saya optimis tahun ini dapat terealisasi,” kata Rita. (KS/YD)