oleh

Pengurus NW Kabupaten Sumbawa Resmi Dilantik

Sumbawa Besar, Kabar Sumbawa—Sebanyak 48 orang Pengurus Daerah Nahdlatul Wathan Kabupaten Sumbawa periode 2016 – 2021 resmi dilantik oleh Ketua Umum Nadlatul Wathan Provinsi NTB Dr. Ir. H. Rosiyadi Sayuti, M.Sc. Pelantikan tersebut dilaksanakan berdasarkan Surat Keputusan Pengurus Wilayah Nahdlatul Wathan Nusa Tenggara Barat Nomor 22 Tahun 2016. Pengurus Daerah Nadlatul Wathan Kabupaten Sumbawa yang dilantik terdiri dari sembilan orang Dewan Penasehat, delapan orang Dewan Tanfidziah, masing – masing tiga orang terdiri dari majelis Pendidikan, Sosial, Dakwah, dan Ekonimi, masing – masing dua orang Lajnah – lajnah diantaranya Lajnah LPNW, LKPPNW, LPQHNW, Laziz NW, Pengkajian, Penerangan dan Pengembangan masyarakat NW, LSBI NW, dan LPEK NW,  turut disaksikan oleh Bupati Sumbawa, Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa, perwakilan Forkopimda, perwakilan TP PKK, perwakilan DWP, Toga Toma Kabupaten Sumbawa di aula lantai 3 Kantor Bupati Sumbawa pada Rabu (11/5/2016).

Ketua Umum Pengurus Daerah NW Kabupaten Sumbawa terpilih H. Mas’un S.Pd, SH dalam sambutan singkatnya menyampaikan ungkapan terima kasih atas penghargaan yang diberikan. “Tanggung jawab selama 5 tahun kedepan dalam mengemban tugas organisasi yaitu Sami’na Wata’na di daerah yang kita cintai ini. Dalam mengemban tugas ini juga, Insyaallah saya akan mendukung seluruh program Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa. Beberapa bidang pokok yang akan dilaksanakan lima tahun kedepan diantaranya di bidang pendidikan, salah satu yang akan dilaksanakan yaitu peletakan batu pertama Pondok Pesantren Al Majidiah Nahdlatul Wathan Kabupaten Sumbawa. bidang sosial dan dakwah juga akan dilaksanakan lebih baik lagi. Akan dibangkitkan lagi majelis – majelis yang sudah ada, serta akan diupayakan pendirian pesantren – pesantren baru”, ungkapnya.

iklan kampanye

Ketua umum NW Provinsi NTB Dr. Ir. H. Rosiyadi Sayuti M.Sc  berpesan, “mari kita sungguh – sungguh menjalankan organisasi ini dengan sebaik – baiknya. Mari kita jaga madrasah – madrasah kita, dan mari kembangkan madrasah kita. Semoga dengan akan terselenggaranya peletakan batu pertama Pondok Pesantren kita, akan membangkitkan kembali apa yang sudah dibangun pengurus – pengurus yang lalu. Karena warisan utama NW adalah madrasah – madrasah yang akan disumbangkan kepada bangsa dan negara. Selain itu juga, mari kita bangkitkan kembali Majelis Taklim. Disamping pengembangan di bidang sosial dan dakwah pendidikan yang telah disampaikan, di bidang ekonomi juga harus aktif. Misalnya dengan adanya Koperasi Pesantren, dan dalam waktu dekat, rencananya NW akan membangun BPR Syariah. Dalam mencapai program – program itu semua, organisasi ini harus kompak dan bersatu,” demikian ungkap Ketum NW Prov. NTB.

Baca juga:  Arpusda Gelar Lomba Bercerita , Pemilihan Duta Baca, dan Menggambar

Bupati Sumbawa H. M. Husni Djibril B.Sc dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada jajaran pengurus daerah Nahdlatul Wathan Kabupaten Sumbawa masa bhakti 2016-2021 yang dikukuhkan. “Kepada jajaran pengurus daerah Nahdlatul Wathan Kabupaten Sumbawa yang lama, saya menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan.  Keberadaan ulama dalam kehidupan beragama, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, maupun dalam penyelenggaraan pembangunan memiliki peran yang sangat penting. Ulama, sebagai pewaris para Nabi (Waratsatul Ambiya), merupakan figur penting yang dapat mempengaruhi sikap dan prilaku masyarakat, agar senantiasa dilandasi oleh nilai iman dan taqwa. Pemerintah Kabupaten Sumbawa, khususnya saya selaku bupati, senantiasa berupaya menjadikan iman dan taqwa sebagai landasan atau sumber energi dalam segenap proses pembangunan, maupun dinamika kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Karena tanpa dilandasi iman dan taqwa, proses pembangunan dan dinamika kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara tidak akan membawa kemaslahatan, karena hanya bertumpu pada pencapaian yang bersifat material semata,” jelas Haji Husni sapaan akrab Bupati Sumbawa

Baca juga:  Isue ASN Digrebeg ... !!!

Bupati berharap, adanya sinergi dan soliditas antara ulama dan umaro beserta seluruh pilar pembangunan lainnya, agar segenap upaya kita untuk mewujudkan tatanan kehidupan yang lebih baik dapat terwujud sebagaimana yang kita harapkan bersama. Dengan adanya pelantikan ini, harapan saya agar Nahdlatul Wathan Kabupaten Sumbawa dapat terus meningkatkan eksistensi dan perannya melakukan pembinaan umat Islam di Tana Samawa dalam upaya bersama membawa daerah ini menuju Sumbawa yang hebat dan bermartabat. Kepada para alim ulama dan juga segenap warga Nahdlatul Wathan Kabupaten Sumbawa agar senantiasa melakukan revitalisasi nilai-nilai keagamaan demi terwujud secara utuh dalam kesholehan ritual maupun sosial. Nahdlatul Wathan sebagai organisasi Islam terbesar di Nusa Tenggara Barat agar dapat senantiasa meningkatkan pemahaman dan pembinaan kepada umat agar memiliki pengetahuan, penghayatan dan pengamalan yang utuh tentang ajaran agama Islam. Perlu ditekankan kepada umat Islam, agar senantiasa memberikan rasa aman dan perlindungan kepada umat agama lain, tanpa harus terjebak pada sikap sinkretis (mencampuradukan agama).  Aqidah islam sebagai prinsip dasar yang diyakini harus dipegang teguh, namun hal tersebut tidak mengurangi sikap rahman dan rahim (kasih dan sayang) kepada seluruh umat manusia meskipun berbeda suku, bangsa dan agama. (KS/Release)

iklan debat