oleh

SPDN Tanjung Pengamas Segera Difungsikan

Ir H Junaidi MSi
Ir H Junaidi MSi
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sumbawa

Sumbawa Besar, Kabar Sumbawa—Dalam waktu dekat SPDN Tanjung Pengamas akan segera difungsikan. Dengan berfungsinya SPDN tersebut diharapkan kebutuhan BBM nelayan di wilayah tengah akan tercukupi.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (Diskanlut) Kabupaten Sumbawa Ir H Junaidi MSi mengatakan, terkait rencana pengoperasian SPDN Tanjung Pengamas, seminggu lalu telah ditandatangani kesepakatan besar tentang kuota BBM, dimana KUD Mina Karya telah ditunjuk sebagai lembaga pengelola SPDN tersebut.

iklan kampanye

Dengan beroperasinya SPDN Tanjung Pengamas maka kebutuhan BBM untuk nelayan di wilayah tengah yakni Kecamatan Lape, Moyo Hilir Moyo Utara dan Sumbawa dapat teratasi. “Saat ini sedang dilakukan tera mesin, bulan ini direncakan SPDN tersebut beroperasi,” ujarnya.

Baca juga:  Budidaya Jamur Tiram Tingkatkan Perekonomian Masyarakat

Selain SPDN di Tanjung Pengamas juga akan difungsikan pabrik es sehingga kegiatan nelayan di wilayah tengah akan semakin ramai dengan berfungsinya dua fasilitas tersebut.

Ditambahkan, SPDN hanya diperuntukkan bagi nelayan dan petambak kecil dan tradisional saja. Sedangkan untuk pengusaha tambak modern harus menggunakan BBM non subsidi. Keberadaan SPDN ini diharapkan dapat mendorong peningkatan usaha para nelayan. “Untuk mencukupi kebutuhan nelayan semestinya dibangun 5 SPDN, sementara yang ada baru 2 SPDN, direncanakan akan ditambah 3 SPDN lagi untuk mencukupi kebutuhan  nelayan di Wilayah Timur dan Selatan,”pungkasnya. (KS/YD)