oleh

Ketua dan Sekretaris Tim Investigasi Embung Sebewe Penuhi Panggilan Jaksa

Drs. H. Rasyidi Sekda Sumbawa

Sumbawa Besar. Kabar Sumbawa, Sekda Sumbawa Drs. H. Rasyidi akhirnya bisa menghadiri panggilan Kejaksaan Negeri Sumbawa setelah panggilan pertama dan kedua Ia berhalangan hadir dikarenakan sedang tugas diluar daerah. Kedatangan Sekda guna menghadiri panggilan untuk diperiksa terkait kasus Suplesi Embung Sebewe yang pembangunannya terjadi masalah.

iklan kampanye

Pantauan di lapangan, Sekda menghadiri panggilan tersebut bersama dengan Sekretaris Disporabudpar Sumbawa, Pincun Nurhinsyah yang saat Embung tersebut dibangun menjabat sebagai Kabag APP. Keduanya kemudian diperiksa secara terpisah di ruang Kasi Pidsus dan Staff Pidsus Kejaksaan Negeri (Kejari) Sumbawa. Pemeriksaan mulai dilakukan sejak pukul 10.30 Wita sampai pukul 13.00 Wita.

Ditemui usai pemeriksaan, Sekda mengaku hanya memberikan keterangan seputar kapasitasnya sebagai Ketua Tim Investigasi Embung tersebut. Bahkan Sekda juga mengakui bahwa sebelumnya Ia sempat diperiksa pada 2014 lalu. ‘’Saya tadi hanya ditanyakan beberapa hal saja untuk menambahkan keterangan yang sebelumnya,” ujarnya. Dia juga memaparkan tugasnya selaku ketua tim. Hasil investigasinya, pondasi embung tersebut kurang dalam. Fakta di lapangan dilihat bahwa air melewati bawah embung. Sehingga embung tersebut menjadi patah. Hasil investigasi ini diketahui sebelum masa pemeliharaan embung tersebut.

Baca juga:  Polres Sumbawa Telusuri Maraknya Kasus Penipuan Melalui Medsos

Sementara itu disinggung mengenai kesalahan perencanaan atau gagal konstruksi, sekda tidak bisa memastikan hal itu. Sekda juga tidak bisa memastikan apakah pengerjaannya sesuai spesifikasi atau tidak. Nantinya, kebenaran baru bisa dibuktikan dalam persidangan. Sebab pihaknya hanya memberikan keterangan mengenai tugas tim investigasi.

Secara terpisah, Kasi Pidsus Kejaksaan Negeri Sumbawa, Anak Agung Raka P.D, SH mengakui adanya pemeriksaan tersebut. Selain sekda, pihaknya juga memeriksa Sekretaris Disporabudpar Sumbawa, Pincun Nurhinsyah. Sebab, saat itu yang bersangkutan menjabat sebagai Sekretaris Tim Investigasi. ‘’Pak sekda sudah pernah diperiksa. Sekarang diperiksa lagi untuk pengembangan tersangka lain,” terang

Baca juga:  Polisi Amankan 1 Kg Sabu Asal Aceh Senilai 1,2 Miliar

Setelah ini, pihaknya akan kembali melakukan pemeriksaan. Rencananya, pihaknya akan memeriksa dua tersangka dalam kasus ini hari ini. Keduanya adalah M. Saleh selaku pengawas lapangan dan Lalu Makbul selaku Direktur  CV Ngadek Jaya. (Ron)