oleh

Lima Lumbung Pangan Masyarakat Mulai Digarap Tahun ini

Ir Surya Darmasya
Ir Surya Darmasya
Kepala Badan Ketahanan Pangan Kabupaten Sumbawa

Sumbawa Besar. Kabar Sumbawa, Sedikitnya Lima lumbung Pangan masyarakat ditambah dengan lantai jemur akan mulai di bangun pada tahun 2016 ini. Pembangunan tersebut dilakukan untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan ketika sewaktu-waktu masyarakat membutuhkan cadangan pangan.

Kepala Badan Ketahanan Pangan Kabupaten Sumbawa Ir Surya Darmasya kepada wartawan, Senin (2/5) mengatakan, tahun ini akan ada lima lumbung pangan masyarakat ditambah lagi dengan lantai jemur yang akan mulai dibangun tahun ini di lima desa. Sehingga total lumbung pangan yang ada di masyarakat ada 39 lumbung pangan setelah sebelumnya sudah ada 34 yang sudah dibangun. “ Kami berharap lumbung pangan masyarakat bisa dibangun sebanyak 165 Lumbung. Itu artinya di masing-masing desa akan ada lumbung pangan masyarakatnya,”harapnya. Hal ini juga berdasarkan hasil monitoring yang dilalukan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang mengharapkan supaya lumbung itu bisa menyentuh kehidupan masyarakat ditingkat bawah. Artinya bahwa ketika masyarakat itu menghadapi paceklik cadangan pangan inilah yang sangat penting dibutuhkan oleh masyarakat.

Baca juga:  Menengok Kegiatan Menenun Kain di Dusun Sameri

Disebutkan Kaban, adapun Lima lokasi pembangunan Lumbung pangan masyarakat tersebut berada di Alas yang berada di Juran Alas, Buer di Juru Mapin, Rhee di Poto Pedu, Moyo Utara di Pungkit dan Moyo Hilir. Pembangunan tersebut direncanakan akan dilakukan dalam beberapa bulan kedepan yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2016 dengan total anggaran Rp 600 juga dengan rincian  per Lumbungnya akan mendapatkan dana sebesar Rp 120 juta. Sementara untuk tahun 2017 pihaknya juga sudah mengusulkan untuk pembangunan lumbung pangan masyarakat sebanyak 38 unit. Mudah mudahan sesusai dengan hasil rapat yang dilakukan pihaknya dengan kementerian masih dirapatkan ditingkat Bappenas. “ Mudah-mudahan sudah ada kesepakatan sehingga 165 lumpung pangan masyarakat itu bisa terealisasi semuanya. Sehingga masing-masing desa atau kelurahan akan memiliki lumbung pangan masing-masing,” tandasnya. (Ron)

ksbksb ksbksb