oleh

Hardiknas Momentum Refleksi Peningkatan Kualitas Pendidikan

Upacara Hardiknas 2016Sumbawa Besar, Kabar Sumbawa–Memperingati Hari Pendidikan Nasional Tahun 2016, Pemerintah Kabupaten Sumbawa melaksanakan upacara bendera di halaman Kantor Bupati Sumbawa pada Senin (2/5). Kegiatan ini diikuti para tenaga didik, siswa SMA dalam kota Sumbawa Besar serta para pegawai lingkup Pemkab Sumbawa.

Wakil Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah yang membacakan sambutan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI Prof. Mohamad Nasir menyampaikan, tanggal 2 Mei yang diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional. Ini dilakukan untuk merefleksikan tentang beragam upaya yang telah dan sedang dilakukan dalam menjalankan berbagai program untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi Indonesia. Perjalanan tersebut menjadi tonggak untuk upaya selanjutnya dalam memberikan layanan pendidikan tinggi berkualitas bagi putra-putri bangsa, menciptakan SDM iptek Indonesia yang terampil, dan meningkatkan kapasitas penciptaan beragam inovasi dan teknologi yang berdaya saing industri, yang pada akhirnya akan meningkatkan daya saing bangsa Indonesia.

iklan kampanye

Hardiknas kali ini mengusung tema “Ayo Kerja, Inovatif Dan Kompetitif”. Tema tersebut merupakan seruan bagi seluruh kalangan pendidikan tinggi dan perguruan tinggi untuk melakukan reformasi pendidikan tinggi, sebagaimana telah dimulai oleh Bapak Pendidikan Indonesia. Reformasi pendidikan tinggi merupakan suatu keniscayaan, ketika menghadapi beragam tantangan luar biasa dalam skala lokal, nasional, maupun global. Melalui pendidikan tinggi, hendaknya dipersiapkan SDM iptek yang akan bersaing dalam pasar kerja nasional maupun internasional, serta akan memenuhi beragam tempat kerja. ‘’Bagaimana mungkin lulusan kita akan memiliki kompetensi untuk bekerja di dunia abad 21, jika penyelenggaraan pendidikan tinggi kita masih sama seperti abad 19? Juga, kehadiran teknologi informasi komunikasi dan jaringan, serta masyarakat ekonomi berbasis pengetahuan menyebabkan perubahan paradigma penyelenggaraan pendidikan tinggi tidak dapat ditawar lagi,’’ ujarnya.

Baca juga:  Pemda Sumbawa Siap Dukung Anggaran Untuk Program TMMD

Dikatakan, ada banyak pekerjaan yang perlu dilakukan, yang pada dasarnya akan mereformasi penyelenggaraan pendidikan tinggi yakni deregulasi, penyediaan pendidikan yang fleksibel dan berorientasi pada siswa dan pangsa pasar, perubahan kurikulum, penyediaan dosen, guru besar, dan tenaga kependidikan yang profesional, pendidikan yang mengikuti perkembangan ilmu dan teknologi, model bisnis pendidikan yang baru, orientasi pada keterampilan yang teruji dan berdaya saing, pengembangan bidang ilmu strategis, revitalisasi kelembagaan, kemampuan pendidikan tinggi untuk menghasilkan riset dan inovasi yang kompetitif, dan lain-lain. ‘’Ayo kita kerja secara inovatif dan kompetitif untuk menghasilkan SDM iptek terampil serta inovasi dan teknologi yang berdaya saing sebagai tujuan utama pendidikan tinggi kita. Dalam bingkai daya saing ini, kita tidak bisa menjalankan pendidikan tinggi dengan cara dan kualitas yang telah kita lakukan selama ini untuk menjawab tantangan masa depan,’’ tuturnya.

Baca juga:  Tim Pemenangan Jokowi-Amin Di KSB, Targetkan 75% Suara

Ditambahkan, proses reformasi pendidikan tinggi tidak mungkin dijalankan oleh pemerintah saja, atau satu pihak saja. Jumlah perguruan tinggi yang mencapai 4438, mahasiswa yang berjumlah lebih dari 7 juta, dan dosen yang berjumlah sekitar 300.000 merupakan kekayaan yang dimiliki. Untuk menjalankan reformasi dalam skala makro seperti itu, dibutuhkan kerjasama antar institusi pendidikan tinggi, institusi riset, berbagai unit pemerintahan lainnya, sektor industri dan swasta, serta pemangku kepentingan lainnya. ‘’Dalam bingkai tersebut, saya mengundang berbagai pihak untuk dapat berpartisipasi dan berkontribusi secara nyata dalam proses reformasi pendidikan tinggi kita menjadi pendidikan tinggi yang inovatif dan kompetitif. Mari kita wujudkan cita-cita pembangunan pendidikan tinggi Indonesia dengan semangat reformasi pendidikan yang digulirkan oleh Bapak Pendidikan Indonesia dan tokoh-tokoh pendidikan lainnya untuk menjalankan beragam upaya peningkatan kualitas pendidikan tinggi kita secara berkelanjutan,’’ harapnya.

Dalam kesempatan itu, Wabup atas nama Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI menyampaikan selamat memperingati Hari Pendidikan Nasional kepada semua pimpinan perguruan tinggi, dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa, serta komunitas pendidikan tinggi di seluruh tanah air. Semoga upaya yang dilakukan dapat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di tanah air. (KS/YD)

iklan debat