by

Kepolisian Bangun Kordinasi Terkait Tambang Emas Illegal

Ilustrasi Tambang Mas Tradisonal SumbawaSumbawa Besar. Kabar Sumbawa — Maraknya prilaku masyarakat yang melakukan tambang emas Illegal mendapat perhatian khusus dari berbagai pihak. Pasalnya selain dapat memakan korban karena tidak sesuai dengan prosedur keselamatan tambang juga bisa merusak lingkungan.

Kapolres Sumbawa
AKBP Muhamad, SIK
Kapolres Sumbawa

Kapolres Sumbawa Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Muhammad SIK kepada wartawan, Jum’at (29/4) mengatakan, terkait dengan adanya infromasi tambang emas illegal yang ada di Alas pihaknya lansung menginstruksikan Kapolsek setempat untuk segera menindak lanjuti hal tersebut. Tentunya dalam penanggulangan masalah ini pihaknya juga harus bekerjasama dengan pemerintah daerah dan instansi terkait karena hal ini menyangkut masyarakat banyak. “ Mumpung ini masih sedikit, maka kita akan lansung mengambil tindakan apabil nanti masyarakat luar juga sudah masuk maka akan lebih sulit dalam melakukan penertiban,” ungkapnya.

Baca juga:  Mayat Bayi Membusuk Ditemukan Di Kebun Singkong

Disebutkan Kapolres, nantinya aparat kepolisian bersama dengan pemerintah daerah akan mengambil langkah-langkah strategis supaya nantinya tidak ada lagi korban jiwa. Sementara itu terkait dengan lokasi tambang ini yang mana sudah menjadi sumber mata air masyarakat baiik itu pengairan sawah maupun yang lainnya. Maka pihaknya akan melakukan kunjungan lapangan ke daerah tersebut dan mengambil langkah cepat dalam penanggulangan masalah ini. “ Kita akan segera melakukan antisipasi terkait dengan masalah tambang illegal ini tentunya kami juga akan menggandeng pemerintah daerah dan instansi terkait dengan penyelseian masalah ini,” pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, keberadaan tambang emas illegal yang berada di Juranalas Kecamatan Alas ini mulai tercium aparat penegak hukum setelah beberapa hari yang lalu adanya laporan dari masyarakat terkait adanya operasi tambang emas ini. Bahkan tambang illegal ini juga sudah memekan korban. (Ron)