oleh

Hardiknas Sebagai Momentum Evaluasi Dan Introspeksi

Sudirnman Malik, SPd
Sudirnman Malik, SPd
Kepala Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Sumbawa

Sumbawa Besar, Kabar Sumbawa—Tanggal 2 Mei merupakan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang setiap tahunnya diperingati oleh seluruh jajaran pendidikan di seluruh Indonesia. Bahkan untuk menyemarakkan peringatan tersebut digelar berbagai lomba dan pertandingan, seperti pertandingan olah raga, gerak jalan, serta berbagai perlombaan lainnya. Namun inti dari peringatan Hardiknas adsalah bagaimana agar peringatan tersebut dapat menjadi momentum untuk melakukan evaluasi dan introspeksi sejauhmana peningkatan peran elemen pendidikan di dalam mencerdaskan anak bangsa.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumbawa, Sudirman, SPd mengatakan, berbicara tentang pendidikan tentu tidak lepas dari keterlibatan seluruh komponen pendidikan, baik itu tenaga pendidik (guru), kepala sekolah, komite sekolah dan ditunjang oleh sarana dan prasarana yang memadai. “Jangan karena kurangnya sarana dan prasarana lantas kita tidak bisa berbuat demi kemajuan pendidikan, justru keterbatasan itu  dapat melahirkan inovasi dalam rangka mencerdaskan anak bangsa,” ujar Sudirman.

Baca juga:  Tata Kelola Keuangan Sumbawa Berjalan Baik

Mengatasi kondisi tersebut kata Kadis, perlunya sekolah membangun komunikasi dan koordinasi dengan Dinas Diknas, karena dengan komunikasi dan koordinasi yang baik segala persoalan yang terjadi dapat dipecahkan bersama.

Terhadap indikasi masih adanya oknum guru maupun kepala sekolah yang tidak disiplin, Kadis berharap agar momentum Hardiknas bisa menjadi ajang untuk melakukan evaluasi dan introspeksi diri untuk meningkatkan kemampuan dan kedisplinannya dalam bekerja sebagai Aparatur Sipil Negara dengan lebih mengutamakan pengabdian kepada masyarakat.

Ditambahkan, untuk menunjang proses pendidikan, ketersediaan guru di Kabupaten Sumbawa masih kekurangan, sekitar seribu orang guru mulai dari tingkat TK hingga SMA. “Hendaknya kekurangan ini bisa segera terisi, jangan karena kondisi ini justru membuat guru lalai dalam menjalankan tugas,” tandas Sudirman. (KS/YD)

iklan bkbpp

News Feed