oleh

Pansus LKPJ, Bidang Pendidikan Dan Kesehatan Perlu Ditingkatkan

Sumbawa Besar, Kabar Sumbawa—Sidang Paripurna DPRD Sumbawa dengan agenda Laporan Pansus terhadap LKPJ Bupati, Kamis (28/4) dilaksanakan. Pansus LKPJ melalui juru bicaranya Khairuddin SE menyampaikan, Penyelengaraan pendidikan di daerah senantiasa diupayakan selaras dan sejalan dengan amanat peraturan perundang-undangan bidang pendidikan. Sehingga aksesibilitas dan pemerataan pendidikan pada semua jenjang pendidikan menjadi komitmen bersama terus dipertahankan dan ditingkatkan kualitasnya. Pansus juga meminta kepada pemerintah daerah untuk memperhatikan sekolah-sekolah di daerah-daerah terpencil khususnya sekolah-sekolah pada jenjang pendidikan dasar, sehingga pada tahun-tahun mendatang dapat mencapai kondisi ideal, termasuk juga memprioritaskan pengangkatan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan pada tiga  yakni, terpencil, terluar dan terisolir.

Terkait maraknya perilaku amoral serta adanya indikasi penyalagunaan narkoba di tingkat pelajar, pansus meminta perhatian serius pemerintah daerah untuk melakukan upaya proteksi dari bahaya narkoba dengan melibatkan seluruh komponen pendidikan dalam memerangi ancaman narkoba, termasuk pula upaya yang dilakukan masyarakat dengan menghidupkan kembali program magrib mengaji dan isya belajar kepada para remaja dan pelajar agar bisa mengantisipasi maraknya perilaku amoral yang mengarah kepada pergaulan bebas dan penyalagunaan narkoba di kalangan remaja khusus pelajar. Terhadap tenaga pendidik atau tenaga guru maupun kepala sekolah, disampaikan beberapa hal penting agar tetap mempertahankan kinerja yang baik dan menjaga komitmen kedisiplinan. Sebab dari laporan yang diterima ternyata masih ada guru atau kepala sekolah yang masih kurang disiplin karena jarang masuk, terutama terhadap guru yang bertugas di daerah terpencil.

Baca juga:  PolPP Amankan Puluhan Botol Miras dan Penduduk Tanpa Identitas

Di bidang kesehatan, Pansus menilai pelayanan kesehatan di tingkat bawah seperti posyandu, polindes dan puskesmas perlu terus ditingkatkan. Sumber daya manusia  harus terus ditingkatkan kemampuannya. Dan yang terpenting adalah peningkatan kinerja dan kedisiplinan dalam meberikan pelayanan kepada masyarakat, karena tidak jarang masyarakat masih mengeluhkan adanya petugas medis terutama dokter di puskesmas tidak disiplin. karena pada saat dibutuhkan pasien tidak berada di tempat, sehingga pasien darurat biasanya hanya ditangani oleh perawat. Terhadap sarana dan prasana kesehatan di tingkat bawah, kami menilai sudah cukup baik, namun harus dibarengi dengan penempatan petugas medis yang memadai, ketersediaan tenaga dokter terutama terhadap puskesmas rawat inap harus disempurnakan karena belum mencapai jumlah ideal dibandingkan jumlah penduduk.

Selain itu hal yang penting juga harus segera disikapi pemerintah daerah adalah penambahan tenaga dokter spesialis, mengingat tanaga dokter spesialis di kabupaten sangat terbatas. pansus menyarankan kepada pemerintah daerah untuk melakukan koordinasi intensif dengan kementerian kesehatan agar dapat menempatkan tenaga medis terutama dokter-dokter spesialis. Terhadap penanganan kasus-kasus gizi buruk yang dialami oleh masyarakat di kabupaten sumbawa, kami berharap kepada pemerintah daerah agar mampu diturunkan sehingga dalam lima tahun ke depan kasus gizi buruk di kabupaten sumbawa menjadi 0 (nol) kasus. selain itu juga kami berharap pelayanan kesehatan harus mampu menjangkau seluruh lapisan masyarakat terutama masyarakat miskin atau marginal. Yang tak kalah penting adalah kami berharap kepada pemerintah daerah agar dapat meningkatkan sarana dan prasarana kesehatan, alat-alat kesehatan yang sesuai standar dan juga dapat meningkatkan sumber daya (kapasitas dan kapabilitas) tenaga-tenaga medis maupun tenaga kesehatan sesuai dengan kompetensinya dan yang lebih penting dapat memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dengan baik.Pansus juga menyoroti masalah alat-alat kesehatan canggih yang berada di rsud sumbawa maupun puskesmas seperti alat untuk cuci darah, alat test jantung dan lain-lainnya. pansus menyayangkan keberadaan alat-alat ini belum dapat dimanfaatkan secara optimal karena tidak disertai dengan tenaga operator alat kesehatan tersebut. (KS/YD)

iklan bkbpp

News Feed