oleh

Arpusda Segera Miliki Gedung Sendiri

Syahril SPd, MPd Kepala Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Kabupaten Sumbawa
Syahril SPd, MPd
Kepala Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Kabupaten Sumbawa

Sumbawa Besar, Kabar Sumbawa—Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Kabupaten Sumbawa dipastikan akan segera memiliki gedung sendiri. Bahkan Detail Enginering Desain (DED) sudah disusun Tahun 2016 ini, sehingga pembangunannya diharapkan dapat dilaksanakan Tahun 2017 mendatang di lokasi eks STM 45 Sumbawa Besar.

Kepala Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Kabupaten Sumbawa, Syahril SPd, MPd mengatakan, rencana relokasi Arpusda sudah mendapat persetujuan dari pemerintah daerah. Dan direncanakan pembangunan akan dilaksanakan Tahun 2017 mendatang.

Dikatakan, sejalan dengan rencana relokasi tersebut, Arpusda juga melakukan berbagai pembenahan, salah satunya pembenahan perangkat tekhnologi informasi. Karena selain menyajikan secara  konvensional juga melalui digital. “Sekarang ini sudah dimulai walaupun masih terbatas,” ujar Syahril.

Baca juga:  Pendaftaran Bakal Calon Kades Telah Dibuka

Menurutnya, selama ini cara pandang masyarakat tentang Arpusda masih sebatas sebagai tempat membaca. Pandangan itu harus dirubah, sebab Arpusda merupakan tempat memberdayakan diri untuk melahirkan gagasan dan ide-ide baru. “Banyak contoh keberhasilan di daerah lain, karena animo masyarakat sangat tinggi tingkat membacanya,” kata Syahril.

Selain itu untuk penataan arsip, beberapa SKPD sudah bekerjasama dengan Arpusda dalam hal Arsip Baku. Ada 5 intasni yang telah  bekerjasama dalam hal arsip baku tersebut yakni, Dukcapil Dinas PU,BKPP, Disnak, KPPT, dan Arpusda sendiri. “Beberapa instansi juga telah meminta Arpusda untuk melakukan pendampingan, seperti DPPK dan Pengadilan Negeri, “Tahun ini kami akan mengadakan lemari khusus Roll Pack anti api, sehingga secara fisik arsip arsip  tersebut lebih aman,” tandasnya.

Baca juga:  Renovasi Pasar Seketeng Terkendala Asset Hak Milik

Wakil Bupati Sumbawa, Drs. H, Mahmud Abdullah menambahkan, kepastian tentang relokasi itu akan dilaksanakan Tahun 2017. Namun belum pasti dimana lokasi pembangunannya dilaksanakan. Rencananya akan menempati eks STM 45, karena Gedung Islamic Center akan difungsikan seperti semula.(KS/YD)

iklan bkbpp

News Feed