oleh

Rektor Unsa Sambut Baik Rencana Beroperasinya PT SJR

Rektor Universitas Samawa
Prof.DR. Syaifuddin Iskandar
Rektor Universitas Samawa

Sumbawa Besar, Kabar Sumbawa–Rektor Universitas Samawa, Prof.DR. Syaifuddin Iskandar menyambut baik rencana beroperasinya PT. Samawa Juta Raya, sebuah perusahaan tambang emas yang berlokasi di Kecamatan Ropang.

Menurut Rektor, selama ini banyak telah terjadi aksi penolakan terhadap adanya divestasi apalagi yang berkaitan dengan tambang tanpa perhitungan yang jelas. Membangun Sumbawa ke depan adanya divestasi harus ditingkatkan. Dan jangan seperti pengalaman yang lalu, dimana penerimaan lebih banyak untuk pusat dan provinsi sementara Kabupaten jumlahnya sangat kecil,” ujar Rektor.

Untuk Community Development (Comdev), kata Rektor harus menjadi skala prioritas dan sudah dikerjasamakan. Untuk tahap awal PT. SJR sudah berkerjasama dengan Universitas Samawa terkait pemetaan. “Mereka sangat jujur dan berbeda sekali dengan manajemen Newmont. Mereka juga sangat menerima masukan dari berbagai stakeholder dan terbuka,” kata Rektor

Baca juga:  Ketua DPRD Prihatin Dengan Polemik Serapan Anggaran

Ditambahkan, pendekatan jangan lagi orang-perorang, tetapi bagaimana akses keberadaan PT SJR dapat dimanfaatkan banyak orang sesuai bidang dan skillnya masing-masing. Dan jangan lagi terjadi konflik antar masyarakat. “Berbagai stake holder harus dilibatkan dan menerima masukan yang disampaikan, karena semuanya bertujuan bagi kepentingan masyarakat langsung dan semua harus berperan,”tandasnya.

Sementara itu salah seorang anggota Komisi II DPRD Sumbawa, Salamuddin Maula menilai bahwa rencana operasional PT SJR mendapat sambutan baik dari masyarakat. Bahkan berdasarkan pengamatannya tenaga yang dilibatkan saat ini didominasi oleh masyarakat local. “Kami melihat orang orang lokal lebih dominan  bekerja, mereka juga sangat welcome karena berpengaruh terhadap roda perekonomian masyarakat setempat,”imbuhnya.(KS/YD)

iklan bkbpp

News Feed