oleh

Optimalkan Potensi Pariwisata Komisi IV Dorong Pembentukan BPPD

Ida Rahayu SAP  Ketua Komisi IV
Ida Rahayu SAP
Ketua Komisi IV

Sumbawa Besar, Kabar Sumbawa—Dibandingkan dengan daerah lain di Indonesia, potensi pariwisata Kabupaten Sumbawa tidak kalah menarik. Untuk memaksimalkan potensi tersebut, Komisi IV DPRD Sumbawa mendorong agar Pemda Sumbawa segera membentuk Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD).

 

Ketua Komisi IV Ida Rahayu SAP kepada media ini Rabu (20/4)   menjelaskan, bahwa pihaknya telah melakukan kunjungan kerja ke Kota Bandung belum lama ini, untuk melihat perkembangan pariwisata di daerah tersebut yang cukup pesat. ‘’Kreatifitas masyarakat dan inovasi dari Pemerintah Kota Bandung sangat tinggi, dalam setahun saja tidak kurang dari 200 kali mereka menggelar festival,’’ jelasnya.

 

Menurutnya, guna mempromosikan pariwisata, di Bandung telah dibentuk BPPD, bahkan Kelompok Promosi Pariwisata Wilayah (KPPW) di tiap kecamatan. Termasuk peran seluruh instansi yang sangat tinggi dalam mendorong pariwisata. ‘’Disana semua instansi bergerak mempromosikan pariwisata. Bukan  hanya Dinas Pariwisata saja,’’ tambahnya.

Baca juga:  Potensi Garam Sumbawa Cukup Menjanjikan

 

Karenanya, pembentukan BPPD di Kabupaten Sumbawa sudah sangat perlu dilakukan. Dalam rangka mempromosikan potensi wisata yang ada. ‘’Mungkin dengan adanya BPPD ini, percepatan pariwisata di Sumbawa akan lebih cepat berkembang. karena di Sumbawa sangat variatif potensi wisatanya. Ada wisata laut, ada agro wisata, budaya, perternakan dan lainnya,’’ tutur Ida.

 

Akhmad Junaidi Anggota Komisi IV
Akhmad Junaidi
Anggota Komisi IV

Anggota Komisi IV Akhmad Junaidi menambahkan, perbaikan infrastruktur menuju lokasi wisata perlu juga dilakukan. Sehingga semua instansi harus bergerak dalam mempromosikan pariwisata Sumbawa. Selain juga harus dibentuknya BPPD. ‘’Selain anggaran dari APBD, kami harap juga Dinas terkait jemput dana pusat. Kalau kami di DPRD, dari segi regulasi sudah kita siapkan dari sekarang,’’ tandasnya. (KS/YD)

iklan bkbpp

News Feed