oleh

Purna Siswa SMANDA, Semoga Para Siswa Mendapat Ilmu Yang Barokah

Sumbawa Besar, Kabar Sumbawa – Hal tersebut disampaikan Bupati Sumbawa H. M. Husni Djibril, B.Sc pada acara Purnasiswa SMAN 2 Sumbawa Selasa (19/4/2016) di Gedung Wanita Sumbawa Besar. Acara diawali dengan parade Taruna Dadara Smanda sekaligus menyambut kedatangan Bupati Sumbawa, kegiatan Purnasiswa SMAN 2 Sumbawa berlangsung meriah. Acara dilanjutkan dengan pertunjukkan Tari Sier Deneng oleh sepuluh orang siswi SMAN 2 Sumbawa.

 

iklan kampanye

Bupati Sumbawa H. M. Husni Djibril, B.Sc dalam sambutannya menyampaikan, “saya sangat mengapresiasi kemajuan yang pesat di SMAN 2 Sumbawa. Para siswa – siswi dengan sigap dan penuh kreatifitas memberikan suguhan pertunjukkan yang luar biasa. Kehadiran saya semata – mata karena ingin menyaksikan siswa siswi yang berhasil. Ada capaian yang berbentuk penghargaan yang membuat saya bangga. Menjadi perhatian kita bersama, karena dibalik keberhasilan yang telah dicapai, masih banyak kekurangan yang harus kita perbaiki,” tutur Bupati Sumbawa.

 

Selanjutnya, Haji Husni sapaan akrab Bupati Sumbawa menyampaikan, semoga para siswa mendapat ilmu yang barokah. “Namun demikian, saya berharap anak-anakku sekalian tidak lantas berpuas diri dengan apa yang telah didapatkan hari ini, karena prosesi wisuda purnasiswa ini sejatinya merupakan sebuah langkah awal dari langkah-langkah berkesinambungan untuk meningkatkan kualitas diri dalam menghadapi tantangan hidup yang semakin kompleks,”harapnya.

 

Bupati Sumbawa menambahkan, pendidikan bukan hanya sebuah kewajiban, lebih dari itu pendidikan merupakan sebuah kebutuhan. Dimana manusia akan lebih berkembang dengan adanya pendidikan. Pendidikan merupakan suatu proses yang panjang dan berlangsung terus menerus. Pendidikan juga memiliki tujuan sebagai titik tolak dalam perjalanannya. Sebuah pendidikan akan selalu di arahkan pada sebuah tujuan yang dapat membawa sebuah fungsi kebermanfaatan. Terlepas dari pandangan itu semua, sebenarnya pendidikan adalah sesuatu hal yang luhur. Dimana suatu pendidikan tak hanya sebatas dalam lembaga formal saja tetapi pendidikan juga ada dilingkungan informal, karena hakikatnya kita lahir sampai akhir hayat. Teruslah belajar dan belajar untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas diri karena belajar itu dapat dilakukan dimana saja.

Baca juga:  Soal Lahan Samota, Ketua DPRD Sumbawa Sesalkan Pernyataan Kepala KPPT

 

“Dengan melihat berbagai fenomena yang ada di masyarakat tentang penyelenggaraan pendidikan utamanya menyangkut pembiayaan, serta terdorong oleh kesadaran bahwa pendidikan merupakan investasi jangka panjang yang berpengaruh terhadap kemajuan peradaban suatu bangsa, maka pemerintah daerah dalam hal ini terus berkomitmen terhadap dunia pendidikan, yakni dengan secara bertahap meningkatkan anggaran pendidikan, terutama yang diarahkan untuk peningkatan kualitas pendidikan melalui peningkatan sarana, prasarana maupun sumber daya manusia. Karena itu, agar terbangun kembali gairah pemberdayaan dan kemandirian masyarakat dalam bidang pendidikan, maka saya juga mengajak kepada masyarakat Sumbawa untuk ikut serta berpartisipasi menangani masalah pendidikan, baik menyangkut peningkatan kualitas maupun pemerataan pendidikan,” ungkap Haji Husni.

Baca juga:  Bidang Kesehatan Menjadi Fokus Laporan Pansus LKPJ

 

 

Sebelumnya, Kepala Sekolah SMAN 2 Sumbawa Drs. H. M. Tahir, S.Pd dalam laporan singkatnya menyampaikan, apresiasi yang tinggi kepada Bupati Sumbawa yang telah menyempatkan hadir dalam kegiatan tersebut. “kehadiran Bapak Bupati dalam acara Purnasiswa ini menjadi motivasi yang tinggi bagi kami semua warga SMAN 2 Sumbawa, khususnya saya sendiri,” ungkapnya.

 

Selanjutnya, Haji Tahir sapaan akrab Kepsek SMAN 2 Sumbawa menyampaikan bahwa, dalam kegiatan Ujian sekolah dan Ujian Nasional yang telah digelar tanggal 4 hingga 9 April lalu diikuti oleh  207 orang peserta yang terdiri dari 131 orang peserta jurusan IPA, dan 76 orang peserta jurusan IPS. Dimana dalam ujian nasional dibagi menjadi tiga sesi dan ditempatkan di dua ruangan. Harapannya, para siswa bisa mencapai kelulusan 100 persen. Selain itu, ada beberapa prestasi yang diperoleh siswa – siswi SMAN 2 Sumbawa, diantaranya Juara 1 Rohis tingkat Provinsi NTB, dan akan melanjutkan kejuaraan Rohis tingkat Nasional, menjadi Duta Anak Nasional, dan lain sebagainya. Empat orang siswa siswi SMAN 2 Sumbawa juga diterima di perguruan tinggi luar negeri, diantaranya 1 orang diterima di salah satu universitas di Jerman, dan 3 orang diterima di salah satu universitas di Cina, terangya.