oleh

Dirlantas Polda NTB Gandeng Ombudsman Tinjau Pelayanan di Polres Sumbawa.

 

Edi Ciptianto
Drs Edi Ciptianto M.Si
Dirlantas Polda NTB Kombes Pol

Sumbawa Besar, Kabar SUmbawa. Direktorarat Lalu Lintas (Dirlantas) Polda NTB malakukan kunjungan dan inspeksi terhadap pelayanan yang ada di masing-masing Polres yang ada di Pulau Sumbawa. Hal ini dilakukan guna meninjau secara lansung sudah sampai sejauh mana pelayanan yang berikan oleh jajaran yang ada. Kunjungan ini dikhususkan untuk mengecek lansung kegiatan pelayanan Surat Izin Mengemudi (SIM) apakah sudah memenuhi SOP yang ada atau belum.

Dirlantas Polda NTB Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Drs Edi Ciptianto M.Si kepada Wartawan, Kamis (14/4) kemarin mengatakan, kehadiran pihaknya disini beserta tim serta ketua Ombudsman RI perawakilan NTB Adhar Hakim SH,MH dalam rangka memberikan asistensi kepada seluruh jajaran Polres se Pulau Sumbawa khususanya dalam pelayanan SIM. Ini ada kaiatanya dengan konsep maupun keinginan untuk memberikan pelayanan terbaik khususnya SIM bagi masyarakat. “ Kita memang akui pelayanan salama ini belum sempurna masih ada hal-hal yang harus dibenahi,” ungkapnya. Oleh karena itu, dari Direktorat sebagi pembina sudah menjadi kewajiban untuk memberikan sebuah asistensi dan dorongan untuk memberikan pelayanan yang terbaik.

Disebutkan Dirlantas, tentunya dalam hal ini tidak bisa sendirian karena kemampuan yang terbatas. Oleh karenanya ada instansi lain untuk bekerja sama dan membantu dalam melaksanakan pelayanan kepada masyarakat yang lebih baik. Karena selama ini masyarakat sudah semakin pandai dan cerdas perlu ada upaya untuk memberikan pelayanan yang lebih baik sehingga masyarakat bisa mendapatkan haknya. Hal ini sudah menjadi representasi dari Negara sudah harus mampu mengakomodir apa  yang menjadi kemauan dan keinginan masyarakat. “Saya tidak bisa sendirian, tentunya kita bersama sama semua pihak guna memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” imbuhnya.  Secara tidak lansung hasil survey yang dilakukan oleh teman-teman Ombudsman juga mengingatkan supay program, kebijakan, dan aturan ya g dicanangkan oleh pemerintah demi kepentingan masyarakat harus tetap di jalankan.

Baca juga:  Jaksa Pelajari Berkas Kasus Mutilasi

Masih diungkapkan Dirlantas, apabila disbandingkan dengan kunjungan beberapa waktu yang lalu pelayanan yang ada saat ini sudah lebih meningkat utamanya sarana dan prasarana yang ada. Namun dari sarana dan prasarana yang ada, harus ditunjang dengan sumber daya yang baik karena ini bukan hanya tanggung jawab Kapolres tetapi sudah menjadi tanggung jawab semua pihak. “Saya dalam hal ini punya kewajiban untuk memberikan pelatihan pelatihan sehingga bisa memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” pungkasnya. Semenntara hasil penilaian dengan Polres-Polres lain juga sama dengan pelayanan yang ada disini (Polres Sumbawa, Red)

Sementara itu dari Ombudsman RI Perwakilan NTB Adhar Hakim SH., MH mengakatan,  . fungsi lalu lintas merupakan instansi yang selalu didatangi masyarakat. Oleh karenanya hal ini harus menjadi beranda depan (front office) dari performa kepolisian harus bisa menggambarkan ke arah reformasi Kepolisian. Makanya ini merupakan salah satu wujud keseriusan dari anggota kepolisian untuk memperbaiki performa pelayanan kepada masyarakat. Yang paling penting adalah keluhan-keluhan dari masyarakat tentang adanya orang-orang yang kurang bertanggunga jawab itu semakin hari semakin berkurang. “Bagaiaman mungkin ada orang yang macam-macam apabila mekanisme pelayanan yang ada sudah transparan,” ujarnya.

Baca juga:  Lusi Tak Kenal Lelah Berjuang Mendapatkan Keadilan

Menurutnya, sampai dengan sejauh ini, pelayanan yang ada belum 100 persen menggembirakan. “Kita harus akui itu, tetapi saat ini sudah ada upaya-upaya untuk menuju kearah sana,”imbuhnya, seraya mengatakan, makanya pihaknya berharap kritik dari Media juga tidak boleh putus. Apabil ada hal-hal yang tidak berkenan tolong disampaikan guna menuju ke arah yang lebih baik. Sementara untuk nilai raport sendiri, waktu penilaian awal memang belum selengkap ini dan pada saat itu masih dalam zona kuning yaitu satu tahun lalu. Setelah ada kunjungan padahari ini (kemarin, Red)hasil kesimpulan awal bukan lagi kuning tetapi sudah hijau. (Ron)

iklan bkbpp

News Feed