Penyelesaian Batas Sumbawa – KSB Diserahkan ke Pusat

Date:

Sumbawa Besar. Kabar Sumbawa, Sengketa tapal batas antara Kabupaten Sumbawa dengan Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) hingga kini belum menemui titik terang. Padahal, beberapa kali pertemuan sudah dilakukan. Selasa (12/04) lalu, Wakil Gubernur NTB H M Amin SH MSi kembali memfasilitasi pertemuan dua Kabupaten ini. Masing-masing daerah bersikeras mempertahankan titik yang dianggap benar. Hingga akhirnya, persoalan ini diserahkan ke Pemerintah Pusat.

Bupati Sumbawa HM Husni Djibril BSc yang ditemui Kabar Sumbawa diruang kerjanya Rabu (13/4) menjelaskan, dalam pertemuan kemarin dihadapan Wagub masing-masing daerah mempertahankan argumentasi, sesuai dengan dokumen-dokumen yang dimiliki. Seperti Kabupaten Sumbawa yang mengacu pada peta dasar yang ada sejak zaman Belanda dulu, yang menentukan batas antara Kecamatan Alas dengan Kecamatan Seteluk. Serta dokumen lainnya yang dijadikan acuan.

Baca juga:  Bupati Instruksikan Segera Tangani Jalan dan Drainase Pasca Musim Hujan

Sementara untuk KSB, memegang surat bersifat administratif, yang pernah dikeluarkan oleh camat, kades, dan Bupati yang lalu. Dimana surat tersebut mengatur wilayah kekuasaan Senayan. ‘’Pertemuan itu hanya membahas batas darat. Pertemuannya berlangsung sekitar lima jam. Kita diskusi memberikan pemahaman dan pengertian, dengan memegang argumentasi dan dokumen yang selama ini dijadikan dasar,’’ ujar Haji Husni.

Baca juga:  Bupati Terima Paket Ramadan dari AMMAN untuk Masyarakat Sumbawa

Karena tidak ada titik terang dalam pertemuan tersebut, maka penyelesaian batas ini diserahkan ke Kemendagri. Tentunya dengan disertai dokumen dari masing-masing daerah untuk dikaji. Sehingga nantinya apapun keputusan Kemendagri, maka harus dihormati. ‘’Pemprov juga meminta agar ini segera selesai. Hasil pertemuan itu juga akan dilaporkan ke Kemendagri,’’ pungkasnya. (Ron)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan caleg iklan caleg

Populer

More like this
Related

THR ASN Pemkab Sumbawa Sudah Bisa Dicairkan

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Aparatur Sipil Negara (ASN) Lingkup...

Kapolsek Rhee Dan Plampang Berganti

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com -  Kepolisian Resor Sumbawa menggelar Upacara...

Peringati Malam Nuzulul Quran, Bupati Ajak Ciptakan Masjid Ramah Anak

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa memperingati malam...

Bupati Instruksikan Segera Tangani Jalan dan Drainase Pasca Musim Hujan

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud...