oleh

Pesona Gili Tapan Belum Dapat Sentuhan Pembangunan

Ilham Mustami
H.Ilham Mustami S Ag
Wakil Ketua DPRD Sumbawa

Sumbawa Besar, Kabar Sumbawa–Gili Tapan telah ditetapkan sebagai salah satu lokasi tujuan dari Ziarah Tambora festival Pesona Tambora Tahun 2016, dipilihnya lokasi tersebuit karena pulau itu memiliki keindahan alam yang sangat eksotik, dimana di sekitarnya dikelilingi beberapa pulau kecil di tengah perairan Teluk Saleh yang merupakan Aquarium dunia. Namun sangat disayangkan di balik pesona keindahan Gili Tapan, disana juga tersimpan keinginan masyarakat untuk mendapat sentuhan pembangunan dari pemerintah.

Wakil Ketua DPRD Sumbawa H.Ilham Mustami S Ag mengatakan, hasil tinjauannya ke wilayah tersebut masih ditemukan beberapa kondisi masyarakat yang perlu segera disikapi pemerintah daerah, salah satunya pemenuhan kebutuhan air bersih bagi masyarakat di Gili Tapan. Mengingat untuk mendapatkan air bersih, masyarakat harus bersusah payah mengambil di pulau lain dengan mengunakan perahu, sedangkan untuk keperluan mandi dan mencuci, masyarakat terpaksa mengunakan air yang ada di Gili Tapan yang menurut warga terasa sangat Payau.

iklan kampanye

Selain keluhan terhadap ketersediaan air bersih, kata Ilham, warga Dusun Tapan juga mengharapkan pemerintah bisa membangun pengaman pantai,mengingat saat musim hujan tiba, kampung mereka sering menjadi langanan terjangan gelombang pasang saat badai angin dating. Yang berakibat rusaknya beberapa infrastruktur jalan lingkungan serta sebagian bangunan rumah penduduk. Demikian pula wilayah Gili Tapan sudah semestinya memiliki sebuah dermaga yang refresentatif, ketika wilayah tersebut telah dinyatakan sebagai salah satu lokasi destinasi wisata, tentunya lalu lintas kapal yang membawa pengunjung akan semakin bertambah.

Baca juga:  Tari Nguri, Tarian Penyambutan Tamu

Menurut H Ilham, selain infrastruktur dan air bersih, bidang pendidikan juga perlu mendapat perhatian. Meskipun pemerintah telah membangun sarana dan prasarana penunjang namun jumlah tenaga pendidik yang berstatus PNS hanya Kepala Sekolah saja, selebihnya adalah tenaga honor dan sukarela. Hal inilah yang perlu menjadi perhatian Dinas terkait untuk segera ditindaklanjuti.

Pihaknya berharap, pemerintah segera memberikan perhatian, mengingat di wilayah tersebut terdapat potensi wisata yang begitu besar untuk dapat dikembangkan, agar nantinya para wisatawan yang berkunjung merasa nyaman dan tidak kesulitan lagi akan ketersediaan air bersih, “Sudah saatnya wilayah tersebut mendapat sentuhan pembangunan dari pemerintah daerah” tansasnya.(KS/YD)

iklan debat