oleh

Puluhan Perahu Mengarak Peserta Festival Ziarah Tambora-Gili Tapan

Sumbawa Besar, Kabar Sumbawa–Panitia Festival Ziarah Tambora Taufik Rahzen yang ditemui pada acara Ziarah Tambora di Gili Tapan belum lama ini mengatakan, festival ziarah Tambora merupakan bagian dari kegiatan festival Pesona Tambora, dimana kegiatan Ziarah Tambora ini lebih pada kegiatan Culture pada Budaya dan merasakan langsung apa yang di berikan oleh alam, lain daripada kegiatan Tambora Calenge yang lebih bersifat fisik dan olahraga.jadi Festival pesona tambora antara olah raga dan olah rasa.akan tetapi kedua kegiatan tersebut akan melakukan perjalanan yang dimulai dari Kutai Lombok sampai kota Bima. Adapun tujuan dari acara Ziarah Tambora kali ini adalah melakukan pertemuan budaya, penciptaan kreatif dan merespon alam.

Dikatakan, peserta yang ikut dalam Festival Ziarah Tambora tersebut lebih kurang 40 seniman indonesia maupun mancanegara yang akan datang meramaikan kegiatan tersebut termasuk Sutradara ternama Garin Nugroho dan Ayu Laksmi yang rencananya hadir pada tanggal 12-13 april nanti.sedangkan tempat yang akan dilewati oleh peserta Ziarah Tambora ada sembilan lokasi seperti, Kutai Lombok, Kenawa, Sumbawa Besar, Gili Gambus, Gili Tapan, Gili Ngali, Satonda, Labuan Kenanga, Doro Canga dan Kota Bima.

iklan kampanye

Dari sembilan lokasi tersebut, nantinya juga terdapat acara Refleksi dan Seminar disamping beberapa lokasi akan dilakukan pentas seni dibeberapa lokasi yang akan dilalui dengan tetap menyandingkan beberapa kesenian adat setempat dengan kesenian dari Etnis yang berbeda benua.dengan demikian para seniman yang ikut dalam Ziarah Tambora tersebut merasa lebih dekat dengan masyarakat lokal yang di kunjungi tersebut.seperti perpaduan tim gambus dari tarano yang berduet dengan pegambus dari Tim bila yang dimotori seniman sekaligus vokalis band Debu Mustofa. Selain itu, para peserta dan penonton nantinya sama- sama mempunyai kegiatan tersendiri masing- masing.

Baca juga:  Rafiq Diperiksa Penyidik Tipikor Polres Sumbawa

Salah seorang seniman sekaligus aktor senior Ray Sahetapy menambahkan, kegiatan yang dilakukan saat ini merupakan kegiatan yang luar biasa dan kegiatan ini bukan dilaksanakan saat ini saja tetapi akan dilaksanakan berkelanjutan. Ditambahkannya, yang terpenting dalam kegiatan ini peserta maupun masyarakat secara umum dapat memahami memaknai arti keseimbangan alam yang ada selama ini, termasuk memberikan pendidikan kepada anak cucu kita bukan saja di dalam ruang kelas, akan tetapi yang terpenting pengenalan diri terhadap alam terbuka. Dari sepanjang perjalanan yang dilalui dalam ziarah tambora ini, ia sangat takjup kan keindahan alam serta pulau- pulau yang terdapat di Sumbawa.

Baca juga:  Warga Karang Padak Temukan Meriam Peninggalan Belanda

Kedatangan para peziarah disambut antusias ratusan masyarakat Desa Labuan Sangoro Kecamatan Maronge yang telah menunggu sejak pagi dengan puluhan perahunya yang telah siap mengantarkan peziarah menuju dua lokasi Gili yakni Gili Gambus dan Gili Tapan, di Gili Tapan para peserta ziarah tambora rencananya akan menginap sebelum melanjutkan perjalanan ke Kabupaten Bima.(KS/YD)