by

25 Siswa Peserta UN SMA/SMK di Sumbawa Tidak Hadir

Sudirman Malik SPd
Sudirman Malik SPd
Kepala Dinas Diknas Kabupaten Sumbawa

Sumbawa Besar, Kabar Sumbawa–Dari pantauan yang dilaksanakan Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Kabupaten Sumbawa hingga hari keempat Proses UN/UNBK, untuk Ujian Nasional dalam bentuk tulis telah selesai pada Rabu (6/4), sedangkan untuk UNBK masih berjalan hingga Sabtu mendatang.

Kepala Dinas Diknas Kabupaten Sumbawa Sudirman Malik SPd yang di konfirmasi diruang kerjanya kamis (7/4) mengatakan, jumlah peserta UN/UNBK  tingkat SMA/ SMK sekitar 5.284 siswa dari jumlah itu 25 siswa tidak mengikuti UN tertulis dengan berbagai alasan. Terhadap hal ini pihak Diknas akan memanggil sekolah bersangkutan untuk memintai kejelasan dari 25 siswa yang tidak mengikuti UN tertulis tersebut,jika alasannya jelas, Dinas akan membuka ruang untuk dilakukan UN susulan.

Baca juga:  Perangi Narkoba, Fraksi PDIP Akan Lakukan Test Urine

Dijelaskannya,selain 25 siswa yang tidak mengikuti UN tertulis tersebut, yang tersebar di beberapa sekolah di Kabupaten Sumbawa, ada juga kasus yang terjadi sekolah lainnya seperti di SMA 1 labuan Badas (Pulau Moyo), dimana soal yang seharusnya dikirim yakni Soal Matimatika dan IPS, namun yang dikirim Soal Matimatika dan IPA, terhadap kasus ini solusinya yakni dilakukan ujian ulang.

Sementara terhadap dugaan proses jual beli kunci jawaban yang diduga terjadi di SMAN 1 Sumbawa, menurutnya hal itu tidak mungkin bisa terjadi, mengingat untuk mendapatkan sebuah jawaban tidak semudah seperti apa yang dibayangkan banyak orang. Pihaknya berharap semua pihak tidak mudah terbuai jika ada oknum yang menjanjikan kunci jawaban, dan jika ditemukan adanya oknum tersebut laporkan ke  Kepolisian agar segera ditindaklanjuti. Sebab Kepolisian juga melakukan pengawalan proses UN ini, “tandasnya” (KS/YD)