oleh

Wabup Monitoring Pelaksanaan UNBK Di Tiga Sekolah

Sumbawa Besar, Kabar Sumbawa—Wakil Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah didampingi  Kepala Dinas Pendidikan Nasional Sumbawa, Sudirman Malik, SPd Senin, (4/4) melakukan pemantauan (monitoring) pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di tiga sekolah, yakni SMAN 1, SMKN 1 dan SMA Islam Sumbawa Besar. Dari hasil pemantauan tersebut ujian berjalan tertib dan lancar, meski sempat terjadi listrik padam. Jumlah peserta UNBK di tiga lokasi masing-masing, SMAN 1 sebanyak 267 peserta, SMKN 1 sebanyak 217 peserta, sedangkan SMA Islam hanya 20 peserta.

Wakil Bupati Sumbawa, Drs. H Mahmud Abdullah ditemui usai melakukan monitoring menyatakan bahwa pelaksanaan UNBK di Kabupaten Sumbawa berjalan tertib dan lancar. Hanya yang perlu ditekankan adalah pentingnya integritas dan kejujuran dari peserta ujian, sehingga hasilnyapun bisa menjadi barometer keberhasilan pendidikan di Kabupaten Sumbawa. “Dari sisi persiapan sarana dan prasarana pendukung berjalan cukup aman kondusif, hanya yang perlu ditekankan adalah pentingya integritas dan kejujuran dari para peserta dan penyelenggara ujian,” ujar Wabup.

iklan kampanye

Kadis Diknas Kabupaten Sumbawa, Sudirman Malik, SPd menanggapi persiapan pelaksanaan UNBK  di Kabupaten Sumbawa mengatakan, sejauh ini pihaknya telah berupaya maksimal untuk mengatasi segala kemungkinan yang bisa saja terjadi. Salah satunya adalah melakukan koordinasi dengan PT PLN Sumbawa, agar saat proses ujian berlangsung listrik bisa tetap dalam kondisi siap. Kendatai dalam pelaksanaan ujian dihari pertama sempat terjadi listrik padam hal ini dapat diatasi berkat koordinasi dan  komunikasi dengan pihak PT PLN.  Bahkan PLN sudah siap memback up UNBK ini agar tidak ada kendala.

Baca juga:  Tunjukan Sikap Kooperatif, Sekda Minta Waktu Pemeriksaan Terhadap Dirinya

Ditambahkan, tidak hadirnya sejumlah siswa dalam UNBK kali ini, jika alasannya jelas dan memiliki keterangan yang dapat dipertanggung jawabkan,  maka peserta yang tidak dapat mengikuti UNBK dapat diupayakan melalui ujian susulan. Namun jika tidak ada keterangan yang jelas maka siswa bersangkutan tidak diperbolehkan lagi mengikuti ujian susulan. (KS/YD)