oleh

Membangun Gerakan Diplomasi Kebudayaan Sumbawa untuk Global

Ngali Siwa : emang eksotis habis dah… siapa bilang sumbawa gak memiliki potensi wisata. salah satunya Giki Tapan serta deretan gili-gili kecil yang berada di gugugusan Ngali Siwa-Teluk Saleh Sumbawa.

Dalam waktu dekat ini, Gili Tapan sebagai tuan rumah dan duta objek wisata Sumbawa dalam ritus Pesona Tambora, yang di dalamnya Gili Tapan sebagai lokasi pekemahan seniman internasional.

iklan

membangn Sumbawa dengan pendekatan kreatif komunitas adalah semangat baru pembangunan di sektor ini, dengan catatan, pemerintah tidak alfa untuk melakukan pendapingan kepada masyarakat serta melengkapi imfrastruktur dasar kepariwisataan. senadinya pemerintah SUmbawa benar-benar berniat untuk menajdikan aerahnya hebat, masyaraktannya bermartabat.

maka lindungilah tanah dan hidup masyarakat yang berdampingan langsung dengan objek wisata yang ada, untuk tidak dimajinalakan dari tanahnya sendiri akibat ulah penguasaan tanah oleh pihak luar secara besar-besaran. terutama pemerintah terkait agar jangan terlalu mudah mengelurakan SPPT atas tanah di pulau-pulau kecil untuk keperluan komersialisasi industri pariwisata besar berupa perhotelan dan sejenisnya milik asing. untuk menagani hal ini, sewajarnya jajaran pemerintahan daerah ini, tidak berjalan sendiri-sendiri, dan selayaknya melakukan koordinasi program lintas sektoral secara intens, termasuk dinas pariwisata sumbawa jangann hanya diam dan sibuk dengan proyek fisik serta disibukkan oleh agenda Festival Moyo yang tidak jelas dampaknya kepada perkembangan sektor ekonomi wisata di kabupaten ini.

Baca juga:  Peserta Sail Nikmati Keindahan Teluk Saleh

Cukuplah Pulau Moyo sebagai objek wisata tertutup, publik sangat susah untuk memasukinya, di tambah lagi pulau moyo sekarang ini sudah mnjadi daerah kaplingan tanah secara sporadis, yang mengntungkan broker dan pembeli serta penguasa atas tanah. masyarakatnya sendiri di masa mendatang akan terhimpit dan pasti terasing dari tanah kelahirannya sendiri. Dan sebagai pembelajaran bagi pemerintah desa dan kecamatan serta Kabupaten Sumbawa, kejadian jual pulau Mariam Besar-Teluk Santong (Gili Lampe) Plampang bebeapa waktu yang lalu, yang ebrakhir di mejan hijau, stake holders terkait di bui termasuk pembeli serta pengusaha tanah diatas pulau Marian Besar, di penjara. (Lokasi Foto: Gili Tapan-Labuh Sangoro Kecamatan Maronge Sumbawa)

iklan